7 Cara Mencegah Penyakit di Musim Hujan

 32 total views,  2 views today

Musim hujan rawan dengan sejumlah penyakit. Mulai dari flu, demam, diare, hingga penyakit kulit bisa menyerang saat musim hujan. Risiko penyakit semakin meningkat saat banjir datang.

Penyakit-penyakit di musim hujan ini bisa dicegah dengan melakukan sejumlah cara. Mulai dari menjaga kebersihan hingga memperkuat daya tahan tubuh dapat menjadi benteng perlawanan tubuh dari penyakit.

1. Menjaga kebersihan diri

Rajin mencuci tangan dan mandi dengan bersih dan mencegah sejumlah penyakit. Tubuh yang kotor bisa membuat kuman dan bakteri penyebab penyakit semakin mudah berkembang biak dan menyerang tubuh.

Selain diri sendiri, selalu ingatkan orang terdekat untuk menjaga kebersihan. Pasalnya, penyakit dapat menular dari orang-orang terdekat Anda.

Cuci Tangan vs Hand Sanitizer, Mana yang Lebih Baik?

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Selain kebersihan diri, kebersihan lingkungan seperti rumah dan tempat kerja juga harus di jaga. Kuman, bakteri, virus, dan jamur sumber penyakit bisa berkembang biak di tempat-tempat yang kotor dan lembap.

Anda bisa membersihkan rumah dan rutin mendesinfeksi barang-barang untuk menjaga kebersihan.

3. Membawa pelindung diri

Selalu siap sedia pelindung diri saat musim hujan. Misalnya, jaket, mantel, dan payung saat keluar rumah. Jangan biarkan hujan membuat diri Anda kuyup. Terkena hujan dapat meningkatkan risiko terserang penyakit seperti demam, flu, dan sakit kepala.

4. Hindari berkendara saat hujan

Hindari pula berkendara saat sedang hujan. Berkendara dengan motor dapat membuat tubuh basa karena hujan dan lebih rentan penyakit. Selain itu, berkendara saat hujan juga meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Istirahat yang cukup

Tingkatkan imunitas tubuh dengan istirahat yang cukup dan teratur. Istirahat membantu merehatkan tubuh dan meregenerasi sel.

“Tidur di malam hari dengan waktu yang teratur memudahkan sistem pergantian sel yang rusak dan istirahat hormon-hormon dalam tubuh kita. Kalau tidak teratur maka proses regenerasi sel akan terganggu dan kadar stress dalam tubuh tetap tinggi,” kata dokter spesialis jantung Vito Damay kepada CNNIndonesia.com, pada Februari lalu.

6. Makanan bernutrisi tinggi

Konsumsi makanan bernutrisi tinggi. Sumber protein dan vitamin harus terpenuhi karena berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Protokol kesehatan

Pandemi belum usai, tetap terapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Vaksinasi, rutin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak dapat mencegah dari Covid-19.

Itulah cara mencegah penyakit di musim hujan. Lakukan sejumlah langkah ini agar pertahanan diri semakin kuat dalam menghadapi serangan penyakit. (ptj)

Kontak Pengelola : 0812-8171-2933 An. Ustadzah Putri




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster