Gubernur Sumsel Akui Kesulitan Tertibkan Sumur Minyak Ilegal

 13 total views,  1 views today

PALEMBANG  |  KSOL – Guna menertibkan aktivitas pengeboran sumur minyak bumi secara ilegal atau illegal driling yang dilakukan oleh masyarakat dan kerap menimbulkan korban jiwa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) tidak mempunyai kewenangan terkait hal tersebut.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengakui tak memiliki kewenangan itu membuat pemerintah provinsi setempat kesulitan mengatasinya. Karena itu, pihaknya meminta Pemerintah Pusat agar dapat memberikan kewenangan ke daerah untuk mengawasi sepenuhnya kegiatan sumur minyak ilegal itu.



“Ya, selama ini kita hanya sebatas pengawas saja untuk melegalkan atau mengusulkan menutup yang melanggar. Saya tak punya kewenangan,” ujarnya di Palembang, Rabu (13/10).

Kendati begitu, sambungnya, jika pemerintah provinsi setempat diberi kewenangan oleh pusat untuk memberikan kebijakan, maka dapat bertanggungjawab dalam pengawasan illegal drilling jika ada yang melanggar.

“Jadi, saya akan bertanggungjawab sepenuhnya. Selain itu, tak ada lagi yang namanya lempar batu sembunyi tangan kalau ada kejadian sumur minyak meledak,” katanya.

TEKS/FOTO : GATRA.COM

Kontak Pengelola : WA : 0812-8171-2933 Ustadzah Putri




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster