Mengobati Asam Urat dengan Mudah dan Alami

 23 total views,  1 views today

LENGKONG | KSOL —Anda tentu pernah mendengar sakit karena asam urat. Asam urat sendiri merupakan produk limbah yang dihasilkan dari pemecahan purin. Purin merupakan zat yang ditemukan secara alami, baik dari dalam tubuh ataupun dari dalam makanan.

Ada banyak makanan yang mengandung purin tinggi, diantaranya adalah jeroan, ikan sarden, kerang, kepiting dan ikan makarel. Selain makanan hewani, Anda juga bisa menemukan purin di makanan yang mengandung alkohol, sayuran tertentu dan makanan yang sudah diawetkan.

Mengobati asam urat biasanya dilakukan dengan obat, namun Anda bisa mengobatinya secara alami. Jika tidak diobati, kandungan asam urat yang tinggi juga bisa menyebabkan penyakit ginjal, diabeter, dan juga berbagai jenis kanker.

Di dalam tubuh, jika kandungan asm urat normal, maka tubuh tidak akan mengalami gangguan apapun. Berbeda jika kandungan asam urat di dalam tubuh tinggi, maka akan ada banyak masalah yang mungkin akan muncul. Kristal asam merupakan salah satu akibat yang diakibatkan jika banyak asam urat menumpuk di dalam tubuh.

Mengobati asam urat bisa disesuaikan dengan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh seseorang. Untuk diketahui, kandungan asam urat untuk laki-laki umumnya adalah 7 mg/dl, sedangkan untuk perempuan harusnya berada di baah 6 mg/dl.https://61cc9e83190a7784c623d5cb3eb69937.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

Ketika asam urat yang dimiliki tinggi, maka ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

Konsumsi Vitamin C

Cara pertama adalah dengan mengkonsumsi vitamin C, vitamin ini terbukti untuk Anda yang ingin mengurangi asam urat di dalam darah. Jika dikonsumsi dengan baik, sumplemen vitamin C dengan dosis 500 miligram akan menurunkan kandungan asam urat di dalam tubuh.

Seseorang yang mengonsumsi vitamin C selama 2 bulan mengalami penuruan asam urat secara signifikan. Cara mengobati asam urat ini juga disarankan oleh ahli medis yang berpengalaman, sehingga tepat untuk dilakukan oleh penderita asam urat.

Meski demikian, penelitian ini masih harus dilanjutkan sampai tahap bahwa vitamin C benar benar aman untuk dikonsumsi. Seperti yang diketahui, mereka yang memiliki penyakit ginjal tidak dapat mengkonsumsi vitamin C berlebihan, apalagi rutin setiap hari.

Minum Lebih Banyak Air Putih

Cara lain untuk mengobati asam urat adalah mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Pembengkakan dan peradangan menjadi hal yang lumrah ditemui oleh mereka yang menderita asam urat.

Air putih merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin menurunkan asam urat, sebab dapat memicu ginjal untuk melepaskan kelebihan cairan pada tubuh. Nantinya pelepasan cairan ini akan membuat pembengkakan pada penderita asam urat dapat diatasi berkurang secara perlahan.

Selain lebih banyak mengkonsumsi air putih, cara mengobati asam urat lainnya adalah dengan tidak mengkonsumsi alcohol dan soda. Kedua bahan tersebut akan membuat kandungan asam urat di dalam darah naik karena kandungan purinnya yang tinggi. Namun untuk penderita gagal jantung ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu terkait dengan masalah ini.

Melakukan Kompres Air Dingin

Ketika seseorang mengalami asam urat, biasanya terdapat benjolan di beberapa sendi tubuh. Untuk mengurangi sendi yang terkena asam urat tersebut, disarankan Anda mengompresnya dengan air yang dingin, sebab akan mebantu mengurang radang terkait dengan asam urat.

Untuk mengobati asam urat tentu tidak bisa dengan kompres dingin saja, ia hanya bisa digunakan untuk mengurangi nyeri pada radang sendi, cara untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan es batu atau air dingin untuk melakukan kompres, begitu pula dengan handuk yang tipis.
  • Lanjutkan dengan mencelupkan handuk ke dalam air, bisa pula dengan membungkus es batu dengan handuk.
  • Kompres selama 15-10 menit di satu bagian sendi sampai nyerinya terasa berkurang.

Mengurangi Stres

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengobati asam urat adalah dengan mengurangi stress. Stress akan memperburuk gejala karena asam urat, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Melakukan olahraga secara rutin, dengan begitu Anda bisa lebih leluasa bergerak dan rasa sakit tidak membatasi gerakan dan aktifitas harian.
  • Meminta cuti kerja apabila beban kerja yang dimiliki cukup tinggi.
  • Menulis catatan harian, bisa juga dengan membaca buku favorit.
  • Mendengarkan musik setiap hari apabila menyukai lagu atau band favorit.
  • Melakukan meditasi atau yoga secara rutin.
  • Istirahat yang cukup, sehingga Anda tidak mudah lelah karena beban aktifitas harian.

Demikianlah cara mengobati asam urat secara alami yang bisa Anda lakukan. Meski bisa diobati secara alami, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada tenaga medis dan instansi kesehatan untuk memberikan pengobatan yang lebih maksimal. Dengan begitu, Anda bisa mencegah dan mengobati asam urat sebagai penyakit yang berkelanjutan.





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster