Berapa Honor Penulis Cerpen? Ini Bocorannya

 61 total views,  2 views today

Teknis Standar Pengiriman Naskah

Sejak tahun 1996, dalam beberapa pelatihan menulis cerita pendek (cerpen), banyak penulis pemula yang bertanya-tanya tentang jumlah kata, email pengelola rubrik seni budaya, dan berapa honor penulis.

Berikut bocoran dari lakonhidup.com yang bisa menjadi informasi tentang para penulis. Semoga bisa membantu pera penulis untuk terus berkreatifitas.

Tema Cerpen yang Biasa Dimuat

Hal pertama yang harus diperhatikan seorang penulis sebelum mengirimkan cerpen ke suatu media adalah kecenderungan tema cerpen yang biasa dimuat oleh media tersebut. Biasanya sejalan dengan visi dan misi media.

Kompas tentu tidak akan memuat cerpen dengan tema remaja yang lagi patah hati dengan gaya tutur gaul seperti loe, gue.

Begitu pula rubrik “Cerita Mini” (Cermin) Suara Merdeka—misalnya, mustahil menerima kiriman cerita anak dengan tema konflik rumah tangga antara sepasang suami-istri.

Naskah diketik dalam MS Word, kertas A4, Times New Roman 12, line spacing 1.5, maksimal 10.000 karakter termasuk spasi—tergantung media, disimpan dalam format RTF (Rich Text Format), dan dikirim via file attachment.

Jangan lupa, di bagian akhir naskah cantumkan nomer rekening Anda untuk pengiriman honor—jika dimuat, alamat email, dan nomer hp.

Pada subjek email untuk pengiriman cerpen ditulis CERPEN: JUDUL CERPEN.

Tulis pengantar singkat-padat-jelas pengiriman cerpen pada badan email. Dan, akan lebih baik jika dalam pengantar ditegaskan tentang lama status cerpen yang dikirim.

“Jika setelah DUA BULAN cerpen ini belum dimuat, maka akan saya kirim ke media lain….”

Selesai.

Tarik nafas dalam-dalam, ucapkan syukur karena telah menyelesaikan sebuah cerpen dan mengirimkannya ke media. Berdoalah semoga layak muat dan dikirim honornya jika dimuat. Amin.

Dan, teruslah (belajar) menulis kreatif lebih baik lagi!

Selatan Jakarta, Gatsu 52-53 Lt.14

17 Januari 2012 09:29 WIB, update 22 Desember 2017 10:01 WIB

BERIKUT alamat email redaksi koran (update per 13 Juli 2018) yang cerpennya ditayangkan di lakonhidup.com. Anda yang mengetahui info terkini terkait alamat email redaksi dan honor pemuatannya, dimohon bantuannya untuk menuliskan pada komentar Anda. Terima kasih.

1. KOMPAS

opini@kompas.com

Cerpen terbit di hari Minggu. Ada konfirmasi pemuatan cerpen dari redaksi via email.

Cerpen eksperimental dan konvensional. Cenderung tema-tema sosial dengan semangat ‘pembebasan’. Memberi perhatian lebih pada liberalisasi, termasuk liberalisasi nilai sastra. Namun, karena kesadaran publik tertentu, Kompas tetap tampak sangat berhati-hati meloloskan cerpen. Panjang cerpen maksimal 10.000 karakter.

Honor cerpen Rp. 1.400.000. Biasanya 2-3 hari setelah pemuatan, honor sudah ditransfer ke rekening penulis.

2. REPUBLIKA

sekretariat@republika.co.id

TIDAK ada pemberitahuan dari redaksi terkait pemuatan cerpen. Honor cerpen Rp. 371.000—pengalaman beberapa rekan penulis, harus sabar menagih ke redaksi beberapa kali agar segera cair.

Republika tidak kaku dalam selera estetik, tema apa saja, pendekatan Islami, semangat pencerahan, akan tetapi tidak akan menerbitkan cerpen yang berlawanan dengan ajaran Islam.

TIDAK ada batasan tertentu terkait panjang cerpen—pernah beberapa kali untuk cerpen yang panjang diterbitkan berseri dalam dua minggu berturut-turut.

3. JAWA POS

editor@jawapos.co.id, ari@jawapos.co.id, ariemetro@yahoo.com

Menerima semua genre cerpen, sering menerbitkan cerpen terjemahan dari karya penulis luar negeri—terakhir Seorang Petani (Fyodor Dostoyevsky), 27 Maret 2016—entah sekarang.

Honor cerpen Rp 925.000 – Rp. 1.000.000, ditransfer 1-2 minggu setelah cerpen terbit.

4. SUARA MERDEKA

red_sumer@yahoo.com, swarasastra@gmail.com

Cerpen maksimal 9.000 karakter termasuk spasi, semua genre. Di masa lalu, terakhir tahun 2013, pernah juga memuat cerpen-cerpen hasil terjemahan dari karya para cerpenis luar negeri. Ludwig dan Aku Membunuh Hitler Tanpa Alasan (Musim Semi di Berlin)—Etgar Keret, salah satu di antaranya.

Honor cerpen Rp. 300.000. Hubungi redaksi untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen. Bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Anda—jika ada.

5. KORAN TEMPO

Terbit di hari Sabtu. Cerpen dikirim ke email: sastra@tempo.co.id.

Koran Tempo sangat terbuka menerima cerpen eksperimental—seperti cerpen berwujud sekumpulan Fiksi Mini dari Agus Noor dalam Penjaga Kamar Mayat dan Sejumlah Fiksi Mini Lainnya, dan genre lainnya. Juga sering memuat cerpen terjemahan, terakhir cerpen terjemahan dari karya Raymond Carver (23 April 2016).

Honor cerpen Rp. 750.000, ditransfer seminggu setelah pemuatan.

6. MEDIA INDONESIA

Redaksi menerima kiriman naskah cerpen, ketik sebanyak 9.000 karakter, karya orisinal dan belum pernah diterbitkan di media massa lain. Kirim e-mail ke cerpenmi@mediaindonesia.com

Honor cerpen Rp. 705.000 (setelah dipotong pajak).

7. PIKIRAN RAKYAT

khasanah@pikiran-rakyat.com 

Lebih menyukai cerpen bertema kritik sosial. Panjang naskah cukup flesksibel.

Honor cerpen Rp. 300.000. Sekadar info, (dulu) agak susah menangih honornya. Semoga sekarang sudah lancar jaya ya!

8. KEDAULATAN RAKYAT

Pengiriman naskah cerpen, panjangnya mohon dibatasi, maksimal 2.500 karakter atau sekitar 2,5 halaman kwarto, spasi ganda. Naskah bisa dikirim ke email: jayadikastari@yahoo.com

Honor cerpen Rp. 300.000, biasanya seminggu setelah pemuatan sudah ditransfer.

9. Tribun Jabar

cerpen@tribunjabar.co.id, hermawan_aksan@yahoo.com

Panjang naskah 7.500 karakter termasuk spasi. Honor cerpen Rp. 300.000, dikirim seminggu setelah cerpen dimuat.

10. Radar Surabaya

radarsurabaya@yahoo.com, diptareza@yahoo.co.id

Honor cerpen Rp. 200.000.

11. Lampung Post

lampostminggu@yahoo.com

Cerpen dimuat pada laman Lampung Post Weekend, biasanya versi epaper hari Sabtu sudah terbit.

Honor cerpen Rp. 250.000

12. Padang Ekspres

cerpen_puisi@yahoo.com

Dihubungi bagian keuangan Padang Ekspres via WhatsApp—harap mencantumkan nomor HP/WA di email pengiriman cerpen, pada bulan berikut setelah terbit. Misalnya terbit Desember, dihubungi bulan Januari. Nanti akan diminta menyebutkan judul dan tanggal terbit. Bila ada epaper-nya lebih bagus lagi. Referensi dari Mbak Jeli Manalu.

Honor cerpen Rp. 200.000.

13. Banjarmasin Post

Tulisan bisa dikirim lewat pos ke alamat Kantor Banjarmasin Post, Gedung HJ Djok Mentaya Jalan AS Musyaffa nomor 16 Banjarmasin. Sudut kiri amplop ditulis Seni dan Budaya. Bisa juga kirim via email ke hamsibpost@yahoo.co.id. Redaksi juga berhak menayangkan tulisan yang telah dimuat di platform lain.

Bagi rekan-rekan yang mengirim tulisan berupa cerpen, kami minta untuk melengkapinya dengan data diri/copy kartu identitas dan nomor rekening bank Anda. Honor akan kami transfer.

Info mutakhir, honor cerpen sebesar Rp. 100.000.

14. Analisa

rajabatak@yahoo.com

Lebih banyak memuat cerpen yang kental dengan tema-tema lokalitas, khususnya budaya dari Sumatera Utara.

Honor cerpen Rp. 150.000.

15. Fajar

budayafajar@gmail.com, budaya@fajar.co.id

Tulisan yang terkait budaya Sulselbar lebih diutamakan. Sertakan biodata singkat, foto diri dan nomor ponsel yang bisa dihubungi.

Honor cerpen Rp. 150.000.

16. Solo Pos

16. Solo Pos

redaksi.minggu@solopos.co.id, redaksi@solopos.co.id

Honor cerpen Rp. 300.000.

17. Rakyat Sumbar

sastrasumbar@yahoo.com

Ssttt… dengar-dengar, cerpen yang diterbitkan Rakyat Sumbar TIDAK ada honornya! Jadi sebaiknya TIDAK usah kirim cerpen ke Rakyat Sumbar ya! Ini serius lho…

Di sini Admin mendokumentasikan cerpen-cerpen yang terbit di Rakyat Sumbar karena ada akses untuk mendapatkan file cerpennya.

18. The Jakarta Post

The email for submitting stories is shortstory@thejakartapost.com

We are looking for contemporary fiction between 1.500-2.000 words by established and new authors. Stories must be original and previously unpublished in English.

Honor the publication of short story is Rp. 950.000.

Sumber : lakonhidup.com





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster