Fakta Menarik Turnamen Prancis Terbuka 2021

 367 total views,  2 views today

Kabarsumatera.com | Turnamen Prancis Terbuka merupakan Kompetisi Grand Slam kedua musim 2021 ini akan berlangsung di lapangan tanah liat Roland Garros, Paris.

Prancis Terbuka merupakan salah satu dari empat turnamen Grand Slam kejuaraan tenis terkemuka di dunia. Tiga turnamen lainnya, yakni Australia Terbuka, AS Terbuka dan Wimbledon.

Pada musim 2021 ini, petenis gaek asal Swiss Roger Federer kembali akan menjajal  di Pracis Terbuka setelah comeback terakhirnya. sedangkan Rafael Nadal dan Iga Swiatek akan berupaya mempertahankan gelar juaranya ditahun 2020 lalu.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik jelang penyelenggaraan turnamen Prancis Terbuka ini, selengkapnya dibawah ini :

1. Tanggal dan Jadwal Turnamen

Prancis Terbuka dikabarkan telah ditunda selama seminggu karena penyelenggara menginginkan lebih banyak bisa diizinkan untuk menghadiri acara tersebut di tengah pandemi virus corona

Turnamen ini juga dikenal dengan Roland Garros ini sedianya dimulai 24 Mei kini akan dijadwalkan dari tanggal 30 Mei sampai 13 Juni dengan babak kualifikasi berlangsung sepekan sebelumnya.

Negara Prancis saat ini sedang dalam masa lockdown nasional ketiga menyusul lonjakan kasus COVID-19, sehingga Federasi Tenis Prancis mengklaim penundaan adalah ‘solusi terbaik’.

Nantinya, final Prancis Terbuka untuk sektor putri akan berlangsung pada hari Sabtu, 12 Juni, sedangkan final putra sekaligus penutup acara akan digelar Minggu, 13 Juni.

2. Akan Dihadiri 1.000 Penonton

Untuk pertama kalinya sejak pandemi, setiap lapangan utama di Roland Garros boleh dihadiri penonton hingga 1.000 orang. sedang, venue yang memiliki kapasitas kecil hanya boleh menerima 35 persen dari kapasitas.

Kepastian adanya penonton di ajang Prancis Terbuka ini sudah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga Prancis Jean-Michel Blanquer, seperti disiarkan Reuters, Senin (03/05/21).

“Batas jumlah penonton akan ditingkatkan menjadi 65 persen, yakni 5.000 orang, mulai 9 Juni, ketika turnamen lapangan tanah liat ini mencapai babak perempat final”. 

3. Kapan pengundian pertandingan?

Sampai saat ini, Prancis Terbuka belum melakukan pengundian pertandingan. Meski begitu, beberapa nama besar dipastikan akan ambil bagian pada turnamen ini.

Peraih 20 gelar Grand Slam Roger Federer telah mengumumkan akan menjadi ambil bagian di Roland Garros akhir bulan nanti. Kepastian ini juga ditunjukkan Federer dengan dirinya giat berlatih di lapangan tanah liat.

Rafael Nadal, yang dikenal sebagai ‘Raja Tanah Liat’ telah mengumpulkan 13 dari 20 gelar Grand Slam-nya di  ibukota Prancis, Ia bertekad untuk menambah trofinya menjadi 14 dan mempertahankan gelar di Prancis Terbuka nanti.

Sementara di tunggal putri, Iga Swiatek juga akan menjadi favorit untuk mengulangi kesuksesannya meraih gelar juara tahun lalu. Pemain sensasional asal Polandia itu tak kehilangan satu set pun saat dia meraih gelar pada tahun 2020.

4. Daftar Pemain yang Akan Turun di Prancis Terbuka

Selanjutnya ada Garbine Muguruza yang telah menjadi pemain terbaik sepanjang tahun ini dan sedang dalam performa bagus sejak Australia Terbuka, yang dimenangkan oleh Naomi Osaka untuk gelar Grand Slam keempatnya.

Terakhir, Roland Garros juga akan menjadi ajang bagi Serena Williams untuk mengamankan gelar Grand Slam ke-24, menyamai rekor legenda Margaret Court. Roland Garros sejatinya bukanlah favorit Serena, namun dia sudah mengantongi  tiga gelar di ajang ini.

5. Siapa yang Absen Bermain? Dilansir dari Eurosport,  sejauh ini belum ada pemain top yang dikonfirmasi tidak akan ambil ambil bagian di turnamen bergengsi ini.

Meski begitu, Andy Murray dan Federer saat ini masih berjuang mengembalikan kebugaran untuk memastikan tampil di Roladn Garros.

6. Daftar Pemain yangSudah Memastikan Akan Tampil di Roland Garros:

Tunggal putra

• Rafael Nadal

• Novak Djokovic

• Dominic Thiem

• Daniil Medvedev

• Stefanos Tsitsipas

• Roger Federer

• Alexander Zverev

• Andrey Rublev

Tunggal putri

• Iga Swiatek

• Simona Halep

• Garbine Muguruza

• Naomi Osaka

• Ash Barty

• Sofia Kenin

• Serena Williams

• Karolina Pliskova

Sumber : Indosport/Foto : Streamtelly.com






Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster