HMI (MPO) Palembang Darussalam dan Masyarakat Silaberanti Gelar Pesantren Ramadhan

 246 total views,  1 views today

PALEMBANG  |  KSOL — Mengiringi Bulan Suci Ramadhan 1442 H / 2021, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO Cabang Palembang Darussalam menggelar Pesantren Ramadhan.

Kali ini, acara yang dilaksanakan bersama masyarakat di Silaberanti itu,  mengusung tema “Gebyar Ramadhan Silaberanti” dengan tajuk “Semangat Ramadhan Berkah Bersama” di Masjid Al-Ikhlas Silaberanti Palembang (21/4/2021).

Suasana Pesantren Ramadhan yang digelar HMI MPO Palembang

Dalam sambutannnya, Yogi Arwansi, Ketua Pelaksana acara ini mengatakan, Bulan Suci Ramadhan merupakan peristiwa yang sangat ditunggu dan dirindukan umat muslim di seluruh dunia.

Sebab menurut Yogi, pada Bulan Suci Ramadhan ini, bulan penuh kemuliaan dan pahala setiap amalan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Atas dasar itulah, Yogi menyebutkan keluarga besar HMI MPO Cabang Palembang Darussalam tak ingin menyia-nyiakan Bulan Suci Ramadhan 1442 H ini dengan mengisi Ramadhan ini dengan menggelar Pesantren Ramadhan.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan untuk merayakan keceriaan di Bulan Ramadhan dengan khidmat,” ujar Igo—panggilan akrab Yogi Arwansi.

Igo berharap acara ini dapat menjadi agenda tahunan sekaligus dapat menjadi ajang silaturahmi HMI (MPO) Cabang Palembang Darussalam dengan masyarakat Silaberanti Palembang.

“Pesantren Ramadhan ini tentunya kami harapkan bukan yang pertama dan terakhir. Tapi, menjadi kegiatan tahunan yang akan terus kita gelar dan kita rayakan dengan penuh keceriaan di setiap Bulan Suci Ramadhan,” tambahnya.

Sebagai rangkaian dalam acara ini, juga dilakukan sejumla lomba, yaitu ; lomba adzan bagi anak-anak dan remaja, lomba kultum, lomba hafalan Surah Pendek,  dan lomba tilawah Al-Qur’an.

Pada kesempatan itu juga, Agusri,  Ketua Yayasan Al-Ikhlas Sabiila Mukarromah Palembang mengatakan, pihaknya menyambut baik atas kegiatan yang dilakukan HMI MPO Cabang Palembang Darussalam.

Sebab menurut Agusri, melalui acara ini dapat menjadi bagian wujud dari umat muslim untuk memakmurkan masjid Al-Ikhlas bersama anak-anak, terutama yang akan belajar ngaji Al-Qur’an, Fiqih dan lain ilmu pengetahuan Islam lainnya.  “Apalagi ini momen ini dilakukan pada Bulan Suci Ramadhan. Tentu hal yang sangat baik,” ujarnya.

Merespon acara ini, Sandesta, Ketua Umum HMI MPO Cabang Palembang Darussalam, menyatakan Pesantren Ramadhan ini merupakan agenda yang sangat positif. “Sebab saat ini, hampir semua adik-adik pelajar melakukan sekolah atau belajar dari rumah,” tegasnya.

Khusnya bagi para pelajar yang belajar di rumah, melalui kegiatan ini, dapat menjadi alternatif bagi setiap pelajar  untuk menambah pelajaran agama.

“Dengan adanya lomba-lomba adzan, tilawah Al-Qur’an, kultum dan hafalan surah pendek ini menjadikan adik-adik ini semangat belajar mempersiapkan diri dengan menghafal, latihan adzan, latihan tilawah, kultum untuk mengikuti perlombaan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, mewakili HMI (MPO) Cabang Palembang Sandesta mengucapkan terimakasih kepada ketua yayasan, ketua masjid, masyarakat, Silaberanti atas support dan semanganya mendorong anak-anaknya untuk ikut serta dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Semoga ini menjadi awal bagi HMI MPO Cabang Palembang Darussalam untuk melakukan sinergisitas antar masyarakat Silaberanti, tak hanya dalam kegiatan keagamaan, namun pada kegiatan lainnya,”  pungkasnya.

TEKS / FOTO : PRESS RELEASE

loading…




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster