Gubernur Optimistis Kain Sumsel Menembus Pasar Nasional

 984 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL — Gubernur Sumsel H.Herman Deru secara tegas mengatakan bahwa keindahan kain tradisional khas Sumsel tak kalah bersaing dengan kain dari daerah lainnya di Indonesia. Karena itu, Ia yakin jika kain-kain khas Sumsel ini akan semakin banyak yang dapat menembus pasar nasional hingga internasional. 

Hal itu dikatakannya usai menghadiri Rapat Kerja Daerah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Rakerda Deskranasda) dan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK (Rakon TP PKK) tahun 2021, sekaligus menyaksikan penampilan kain-kain lokal seperti kain sulam angkinan dan kain kawai kanduk yang dipamerkan dalam bentuk fashion show oleh puluhan Kab/Kota se Sumsel di Hotel Aryaduta, Kamis (4/3/2021). 

“Saya ucapkan terima kasih atas karya- karya yang ditampilkan pada hari ini. Tadi kita lihat ada produk kain tenun yang beraneka ragam, dan ini benar-benar luar biasa,” kata dia. 

Menurutnya, dari sekian banyak kain-kain indah yang ditampilkan tentu ada yang belum begitu populer di kalangan masyarakat. Padahal produk yang dihasilkan sangat luar biasa. Karena itu menurutnya keistimewaan kain khas Sumsel ini harus lebih gencar dipromosikan. 

Melalui  Rakerda Dekranasda dan Rakon TP PKK ini HD juga berharap semua daerah dapat menyamakan persepsi. Sehingga tiap daerah dapat menghasilkan produk-produk baru yang semakin mewarnai kekayaan kain tradisional di Sumsel. 

“Kita harus bersatu, buatlah satu keanekaragaman produk di daerahnya masing-masing yang dapat diunggulkan. Apapun itu. Sepatutnya Pemprov akan mendorong pengembangannya ” kata gubernur.Ril
 





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster