Seragam Baru, Satpam Harus Bisa Maksimal Bantu Polri

 292 total views,  1 views today

PALEMBANG | KSOL — Ada penjelasan berbeda dari Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, tentang pergantan seragam satpam yang kini mirip seragam anggota Polri. Awalnya, Supriadi mengungkapkan pergantian seragam ini berdasar pada peraturan Mabes Polri.

Namun di sisi lain, Supriadi melihat pergantian seragan satpam yang kini mirip seragam Polri berdasar pada jumlah personil Polri yang belum sebanding dengan kebutuhan pengamanan di lingkungan masyarakat, terutama di Sumsel.

Seragam yang mirip dengan Polri, kata Supriadi, ke depan diharapkan personil Satpam dapat membantu tugas Polri untuk melakukan pengamanan di lingkungan masyarakat.

“Ini bukan hanya berlaku di Sumsel saja, tetapi berlaku untuk seluruh Indonesia. Kenapa seragam satpam warnanya sama dengan seragam Polri, tidak dipungkiri bila jumlah personel tidak semuanya bisa mengamankan wilayah Sumsel. Sehingga, satpam yang memang tugasnya mengamankan diharapkan bisa membantu tugas Polri,” ujar Supriadi, Selasa (23/2/2021).

Argumentasi lainnya, Supriadi menambahkan warna seragam Satpam yang mirip dengan Polri paling tidak akan membuat pelaku kejahatan berpikir. Selain itu, dengan seragam yang baru, setiap personil Satpam dapat memerankan dirinya dalam melakukan pengamanan di lokasi manapaun, atau tempat Satpam itu bertugas.

“Dengan warna seragam yang sama, kerja satpam dapat ikut mengamankan di tempat dimana satpam itu diberdayakan. Mengenakan warna yang sama dengan Polri, setidaknya dapat membuat seseorang yang akan melakukan tindakan jahat akan berpikir,” tambahnya.

Menurut Supriadi, bila ada seseorang yang akan melakukan kejahatan, sementara di tempat itu ada petugas Satpam yang berseragam Polri, akan membuat si pelaku berpikir ulang.

“Sebab kalau tidak jeli, salah-salah mengira satuan pengamanan atau satpam dikira polisi. Hal ini, dikarenakan seragam satpam baru yang dikenakan saat ini mirip dengan seragam milik polisi,” tegasnya.

Akan tetapi, kemiripan warna seragam antara Polri dan Satpam bukan berarti tidak ada aturan yang ditentukan. Seragam satpam, hanya sama warna saja tetapi secara keseluruhan atribut yang dikenakan Polri tidak diperbolehkan dikenakan untuk seragam satpam.

Tidak disalahgunakan

“Dengan samanya warna, pastinya sudah kami antisipasi agar tidak disalah gunakan. Satpam berada di bawah binaan Polri, sehingga mulai dari pelatihan hingga satpam itu ditempatkan untuk melakukan pengamanan selalu dalam pembinaan Polri,” ujar Supriadi.

Seragam satpam yang mirip dengan warna seragam Polri, diharapkan Supriadi jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum. Meski dalam sisi warna ada kesamaan, tetapi Supriadi menegaskan terdapat banyak perbedaan antara seragam Polri dan satpam.

TEKS : NewsAPSI | FOTO : TribunNews.Sumsel





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster