SMA Negeri 3 Prabumulih Jadi Sekolah Rujukan di Sumsel

 673 total views,  2 views today

PRABUMULIH | KSOL – SMA Negeri 3 Prabumulih kembali menjadi rujukan Sekolah Menengah Atas di Provinsi Sumatera Selatan setelah mengikuti verifikasi calon sekolah rujukan.

Ditetapkan salah satu SMAN 3 Prabumulih menjadi sekolah rujukan setelah dinilai dan verifikasi delapan Standar Nasional Pendidikan di SMA.

Ada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan di SMAN 3 telah di verifikasi dengan melihat bukti fisik dan kunjungan langsung, seperti dalam siaran pers yang diterima Kabar Sumatera, Selasa.

Standar yang di verifikasi yakni kesiapan standar isi, standar proses, standar penilaian, standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan yang telah di periksa Tim verifikator dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Drs H.Lukman Hakim. M.M. Dan Drs. H. Muslim, M.Pd.

Selain itu verifikasi juga berlanjut pada Implementasi Kebijakan Pendidikan seperti Penerapan Literasi dalam pembelajaran, Penerapan aplikasi e-rapor, dan Sekolah melaksanakan kebijakan terkini lainnya terkait SMA dan Program Keunggulan Sekolah.

Dalam paparan para verifikator pada rapat internal di SMAN 17 pada Senin (8/2) lalu disampaikan kembali mengenai Indikator keberhasilan sekolah rujukan, antara lain, pertama
Sekolah yang menerapkan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), menerapkan siklus penjaminan mutu, memiliki tim penjaminan mutu, berbudaya mutu, meningkatkan mutu sesuai dengan atau melampaui SNP (standar Nasional Pendidikan) memiliki lulusan sesuai dan/atau melampaui SNP.

Selanjutnya kedua Sekolah yang memiliki ekosistem pendidikan kondusif, ketiga
Sekolah yang memiliki berbagai keunggulan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan keempat
Sekolah yang memiliki berbagai keunggulan-keunggulan lain
serta yang terakhir Sekolah yang berperan sebagai rujukan/model serta pusat sumber belajar bagi sekolah di sekitarnya.

Berbagai indikator keberhasilan siswa dengan standar kelulusan dapat di terima di perguruan tinggi negeri dan berbagai instansi mencapai 100 persen inovasi Tenaga pendidik (SDM) dengan berbagai karya dan budaya pendidikan yang bermutu, pemerataan pendidikan bagi yang mampu dan kurang mampu, dengan fasilitas bantuan android bagi yang kurang mampu.

Sementara Fasilitas pendidikan karakter disuport dengan adanya Aula, Masjid, Lapangan bola, Lapangan basket, Sanggar seni, Sanggar pramuka, asrama dan bentangan lingkungan hijau kurang lebih 4,2 Hektar.

Sanitasi yang nyaman dan lingkungan yang bersih. Fasilitas cuci tangan, dan protokol kesehatan. Fasilitas pembelajaran Daring yang memadai, home visit oleh tenaga pendidik BK, wali kelas dan guru mapel. Sehingga tercipta hubungan belajar yang sangat baik. Komite sekolah yang mendukung dan kesemua indikator
ini mampu di penuhi oleh SMAN 3 Prabumulih.

Oleh sebab itu
SMAN 3 Prabumulih berharap dapat meraih kembali menjadi sekolah unggulan agar dapat meningkatkan lagi kualitas pendidikan di SMAN 3 Prabumulih sehingga memberikan kemanfaatan yang lebih luas bagi masyarakat yang antusias mempercayakan pendidikan anaknya di SMAN 3 Prabumulih ke depan.Ril





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster