Sumsel Jadi Provinsi Terinovatif 2020

 852 total views,  2 views today

JAKARTA | KSOL — Kerja keras Gubernur Sumsel H. Herman Deru membawa kemajuan di Bumi Sriwijaya memasuki 2 tahun masa kepemimpinannya semakin terbukti. Berkat tangan dinginnya, Provinsi Sumsel dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif Tahun 2020 pada malam puncak Penganugerahaan Innovative Goverment Award (IGA) yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), di Hotel Sultan, Jakarta belum lama ini.

Sumsel dinobatkan sebagai Provinsi Terinovatif Tahun 2020 bersama empat provinsi terkemuka lainnya seperti Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Lampung, Provinsi DKI Jakarta, dan Provinsi Banten. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., kepada Gubernur Sumsel H.Herman Deru melalui Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel Prof Dr H.M Edwar Juliartha, MM.

“Syukur atas penghargaan yang telah diberikan. Ini adalah bentuk penilaian apresiasi pusat terhadap semangat dan keberhasilan inovasi daerah Sumsel. Dengan penghargaan IGA 2020 ini semakin memotivasi kami Pemda Sumsel untuk melakukan peningkatan layanan publik dan tata kelola pemerintah dan pembangunan di daerah. Semoga kedepan semua potensi yang ada di Sumsel bisa kita jadikan ladang inovasi untuk membawa Sumsel lebih maju kedepan,” ujar Gubernur Herman Deru melalui Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel Prof Dr H.M Edwar Juliartha, MM, sesaat usai menerima penghargaan.

Lebih jauh dipaparkannya, bahwa dalam kondisi pandemi Covid19 ini, bukan hanya Sumsel yang terdampak namun juga seluruh dunia. Karena itu dia, berupaya tetap melakukan inovasi-inovasi untuk menggerakkan ekonomi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sejak pandemi melanda, memang dua hal tersebut menjadi perhatian khusus Pemprov Sumsel. Karena itu berbagai program terobosan dan inovasi terus ditingkatkan bagi IKM dan UMKM. Karena kita tahu pelaku usaha IKM dan UMKM ini jumlah besar dan paling tahan banting namun mereka ini tetap perlu didukung oleh pemerintah daerah,” terangnya.

“Alhamdulillah kondisi ekonomi Sumsel masih jauh lebih baik bila dibandingkan beberapa provinsi lain di Indonesia serta masih lebih baik dari Pertumbuhan Ekonomi Nasional yang minus 5,32%,” ungkapnya.

Mendagri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D mengatakan Kegiatan tahunan ini, merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. Selain menerima penghargaan, pemerintah daerah terinovatif juga mendapatkan dana insentif daerah.

Kegiatan IGA, diselenggarakan untuk menjalankan ketentuan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri No. 104 Tahun 2018 yang berkaitan dengan Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif inovasi Daerah.

Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah. Mendagri terus dorong inovasi daerah.

Provinsi Terinovatif

  1. Provinsi Sumatera Selatan

2.Provinsi Jawa Tengah

  1. Provinsi Lampung
  2. Provinsi DKI Jakarta
  3. Provinsi Banten.




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster