Gubernur Terima Penghargaan Peduli HAM

 252 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL — Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima penghargaan sebagai pimpinan pemerintah provinsi yang membina dan membangun sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota peduli HAM.

Penghargaan diberikan oleh Kepala Divisi Pelayanan dan HAM, Siar Tamba Hasoloan kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru di Griya Agung Palembang, belum lama ini.

Penghargaan diterima usai acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-72 Tahun 2020 bertema “Recover Better Stand Up For Human Right” dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan untuk Kabupaten Kota Peduli HAM dan UPT di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sumsel dan Penerima Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2020

Selian itu, terdapat penyerahan penghargaan kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sumsel yang mendorong sebagian besar atau seluruh kab/kota peduli HAM. Penghargaan diberikan oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada Kepala Divisi Pelayanan dan HAM, Siar Tamba Hasoloan.

Presiden RI, Joko Widodo, katakan bahwa Indonesia berkomitmen dalam pemenuhan HAM sebagai pilar penting untuk menjadi bangsa beradab, tangguh dan maju. Komitmen kuat dalam penegakan HAM tertuang dalam aksi nasional untuk memenuhi antara lain hak sipil, ekonomi, sosial, budaya yang memang harus dilindungi secara berimbang.

“Saat ini ditengah pandemi covid-19 yang memberikan berbagai dampak, kita berharap tidak menghalangi pemenuhan HAM di Indonesia. Kemudian pembangunan infrastruktur juga perlu dedikasikan untuk pemenuhan HAM diiringi dengan menjamin hak kebutuhan dasar termasuk hak kesehatan,” ujarnya

Lanjut Jokowi, pembangunan SDM juga perlu memastikan keterjangkauan pendidikan yang memadai pada daerah terpencil dan terluar bahkan penyandang disabilitas. Ia mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini sebagai agenda tahunan yang mencerminkan kerjasama semua pihak untuk menjamin dan mengutamakan prinsip HAM di Indonesia.

Sementara itu, gubernur mengaku bangga kepada jajaran Pemprov Sumsel hingga Pemkab/Pemkot yang telah mendapatkan penghargaan atas kepeduliannya terhadap HAM. Penghargaan ini bentuk komitmen dan sinergi untuk memberikan hak warga setiap tahunnya.

“Kita makin konsisten untuk menjelaskan ke masyarakat bahwa Sumsel zero konflik dan tidak ada hak-hak bersifat fundamental yang tidak diberikan kepada masyarakat. Mudah-mudahan ini menjadi cambuk agar kita bekerja lebih baik lagi,” harapnya. Menurutnya hal ini merupakan reward dan peringatan kepada setiap pihak agar selalu konsisten terhadap penegakan HAM.

“Kepala daerah tidak berjalan sendiri ada Forkopimda hingga kades. Dan ini merupakan ujung tombaknya dalam pelayanan HAM terutama yang berkenaan dengan UPT-UPT yang ada, Kemenkum HAM tentu memberikan penghargaan kepada UPT karena merupakan prestasi yang diberikan terhadap pelayanan yang telah diberikan,” katanya.

HD berharap dengan adanya penghargaan yang diterima dapat menjadi semangat bagi kita untuk terus memberikan pelayanan dengan baik untuk penegakan HAM sesuai dengan peraturan perundangan-undangan.

“Mari kita tingkatkan terus apa yang kita lakukan ini. Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh UPT dibawah jajaran Kemenkumham dan Bupati Walikota semoga kita dapat bekerja lebih baik dan lebih melayani,” pungkasnya.

Kab/kota yang mendapatkan penghargaan, yaitu Banyuasin, Muara Enim, Pali, OKUS, OKU, Lubuk Linggau, Palembang, Musi Rawas, dan Ogan.





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster