Pagar Alam Miliki Desa Wisata Kopi

 744 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL – Kota Pagaralam Sumatera Selatan memiliki desa wisata dan sekolah kopi Basemah sebagai wadah meningkatkan kualitas kopi di wilayah tersebut dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi petani kopi setempat.

Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni, belum lama ini, mengatakan Pagaralam sebagai salah satu penghasil kopi paling besar di Indonesia terus mengupayakan peningkatan kualitas kopi dari hulu hingga hilir dengan berbagai pihak, adanya Desa Wisata dan Sekolah Kopi Basemah tersebut bagian kolaborasi berasama masyarakat.

“Sampai sekarang kami masih membina para petani agar kopi-kopi dari Pagaralam mendapatkan harga yang lebih baik di pasaran,” ujarnya saat meluncurkan Desa Wisata dan Sekolah Kopi Basemah di Kecamatan Dempo Utara.

Menurutnya para petani juga dibina agar hasil produksi meningkat, salah satunya melalui teknik stek kopi sejak beberapa tahun terakhir yang disebut mampu meninkatkan hasil panen hingga 300 persen.

Dampaknya kesejahteraan petani kopi akan ikut meningkat, kata dia.

Meski baru saja diluncurkan, namun sampel kopi produksi desa wisata tersebut akan langsung mengikuti kontes kopi dunia AVPA-Paris 2020 di Perancis yang akan diumumkan pada akhir Oktober 2020.

FOTO : NET





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster