Gubernur Jadi Fotografer Dadakan Para Foto Fotografer Media di Sumsel

 193 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL – Gubernur Sumsel H.Herman Deru memang terkenal dengan gayanya yang selalu spontanitas dalam berbagai kesempatan. Tak heran, Ia cepat akrab dengan siapa saja tak terkecuali dengan para pewarta foto alias fotografer media se Sumsel saat Ia membuka Pameran Kilas Balik 2018-2019 yang digelar para Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palembang, di atrium OPI Mall belum lama ini.

Usai didaulat melakukan jepretan di atas panggung, HD mendadak meminjam kamera salah seorang wartawan yang ada di dekatnya. Dengan gayanya bak fotograoher sungguhan, peraih penghargaan Gubernur Inovatif 2020 itu terus menjepret orang-orang di sekitarnya. Tak hanya awak media yang menjadi sasaran, sejumlah staf protokol dan humas yang tengah menjalankan tugas pun tak luput dari bidikan kameranya tak terkecuali Kepala Biro Humas Protokol Pemprov Sumsel Rika Efianti SE.MSi dan Kabag Humas Septriandi Setia Permana S.STP ikut dibidiknya.

Suasana makin heboh manakala Herman Deru terus menenteng kamera itu ke bawah panggung utama acara. Sejurus kemudian Iapun membidikkan kameranya ke atas panggung yang sudah dipenuhi para pewarta foto yang sudah berpose menantikan jepretan orang nomor satu di Sumsel tersebut.

Aksi menjadi fotografer dadakan itu tak urung membuat para pengunjung mal OPI penasaran dan tersenyum geli.

Dalam obrolan singkatnya HD mengungkapkan bahwa kehadiran dirinya itu merupakan apresiasi atas kinerja yang luar biasa dan spontanitas bagi para pewarta foto yang dapat membahagiakan orang karena dari hasil karyanya. Iapun menyemangati para fotografer itu untuk terus menjalankan hobinya memotret.

“Saya bangga sekali hadir langsung pada foto Jurnalistik Kilas Balik 2018-2019. Bahkan dulu kita pernah data profesi terbanyak itu adalah petani tapi profesi terbanyak saat ini adalah fotografer,” ungkapnya.

Sebanyak 300 Bingkai Foto hasil jepretan Pewarta Foto Palembang di pamerkan di Atrium OPI Mall Palembang selama 3 hari (3,4 dan 5 Desember) memiliki beragam hasil yang menarik mulai dari pemandangan alam, situasi pada saat pilkada, penerapan protokol kesehatan, aktifitas ekonomi masyarakat, konser bahkan objek lainnya. Itupun ada yang membuat menarik bagi Gubernur Herman Deru.

Dari beberapa foto yang ditampilkan pada pameran kilas balik tersebut ada beberapa foto yang membuat Gubernur Sumsel Herman Deru tertarik. Ia bahkan cukup bernostalgia. Foto tersebut antara lain ketika dirinya bersama Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya diabadikan pengundian nomor kandidat Pilkada pada 2018 silam.

“Sebenarnya banyak menarik tapi ada tadi ketika melihat foto saya mendapat nomor kandidat. Itu berkesan. Kenapa? Lihat saja dari empat pasangan calon semua tertawa lepas kecuali Saya dan pak Mawardi. Padahal saya dapat nomor cantik waktu itu.,” katanya.

Tak hanya itu, ada juga foto yang membuat dia terkesan dan tidak disangka-sangka tampil pada saat pameran ketika dirinya saat Pidato Perdananya menjadi Gubernur Sumsel di Monpera Palembang.

“Tadi saya lihat foto ketika mulut saya sedang memonyongkan bibir..saya tidak mengira ada yang mengabadikannya. Waktu itu Saya mau mengajak masyarakat makan,.ekspresinya benar saya terlihat befitu bersemangat sampai begitu” tuturnya tertawa.

Dia berharap dalam pameran selanjutnya foto tersebut diperbanyak lagi objek-objek yang membuat para pengunjung terpukau.

“Selain objek foto yang ditampilkan tadi ada juga ditampilkan foto benda mati termasuk foto potensi seperti SDA di Sumsel. Saya juga pesan dokumen ini jangan hilang karena semakin lama akan semakin mempunyai nilai yang bersejarah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pameran Kilas Balik Muhammad Hatta mengatakan kegiatan ini sebelumnya sempat tertunda pelaksanaan akibat COVID-19 tapi kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami berharap pameran ini bisa digelar dengan mematuhi standar kesehatan namun tetap bisa menyentuh masyarakat Palembang,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk itu juga pihak panitia membuat pameran dalam versi virtual agar tetap dapat dinikmati meski tidak datang langsung ke gelaran. Versi virtual ini dibuat sesuai dengan susunan pameran yang digelar di OPI Mall lengkap dengan detil gambar dan teks foto.

“Tidak hanya pameran, PFI Palembang juga menggelar dua webinar bertema fotografi. Webinar pertama bertema fotografi perjalanan akan diisi oleh pewarta foto CNN Indonesia sekaligus pegiat foto perjalanan Safir Makki. Webinar Kedua membahas karya foto yang berhasil bersama Evan Zumarli pewarta Foto senior Harian Sumatera Ekspres.” ungkap Hatta.

TEKS/FOTO : RIL HUMAS





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster