Organisasi Perangkat Daerah Harus Miliki SDM Bersertifikasi

 322 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL — Sekretaris Daerah Sumsel H Nasrun Umar membuka pelatihan dan sertifikasi kontrak pengadaan barang dan jasa untuk Pemerintah Daerah Provinsi Sumsel secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dari Kantor BPSDMD Sumsel, belum lama ini.

Sekda mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM dibidang pengadaan barang dan jasa sehingga dalam pelaksanaan penyusunan kontrak pengadaan barang dan jasa tepat sasaran serta sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

“Memang penyusunan kontrak selama ini masih dianggap sepele. Kontrak pengadaan barang/jasa merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pelaksanaan barang/jasa,” ujarnya.

Menurutnya, berbagai macam permasalahan pengadaan barang/jasa sebagian besar bermula dari lemahnya manajemen kontrak, hal itu terjadi karena lemahnya penyusunan rancangan kontrak yang tidak tepat dan proses pengendalian kontrak yang bermasalah.

Oleh sebab itu, dengan adanya pelatihan ini, diharapkan agar pelaku barang/jasa menjadi benar-benar paham dan dapat melakukan mitigasi resiko kontrak tersebut.

“Narasumber dalam kegiatan ini memiliki kemampuan dan kompetensi di bidangnya serta proses sertifikasi yang berasal dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar para perancang kontrak nanti sudah benar-benar kompeten dalam penyusunan kontrak barang/jasa,” jelasnya

Nasrun berharap setiap OPD memiliki SDM di bidang ahli kontrak yang bersertifikasi sehingga Pemprov Sumsel memiliki tenaga yang handal khususnya di bidang pengadaan barang/jasa guna mencapai visi misi Sumsel Maju Untuk Semua.

Turut hadir Kadis Kominfo Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM, dan Kepala BPSDMD, Hj Tarbiyah, S.Pd., M.M.

TEKS/FOTO : DISKOMINFO





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster