Penyebaran Data dan Informasi yang Transparan, Gubernur Sumsel Launching Aplikasi SIMATA

 260 total views,  1 views today

PALEMBANG | KSOL — Transformasi informasi memang sangat dibutuhkan di era digital saat ini. Hal itu yang mendasari Gubernur Sumsel H Herman Deru mendorong jajarannya untuk terus berinovasi agar mempermudah masyarakat mengakses informasi dan data yang dibutuhkan.

Terbaru, HD kembali secara resmi melaunching Sistem Informasi Satu Data (SIMATA) Sumsel. SIMATA merupakan aplikasi komprehensif yang di dalamnya merangkum berbagai informasi dan data seperti upaya yang sudah dilakukan Pemprov Sumsel untuk kemajuan daerah dan masyarakat, penduduk dan ketenagakerjaan, pertanian, perkebunan, jumlah penduduk, hingga informasi detil menyangkut kondisi Sumsel mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten dan kota.

“Saat ini teknologi sudah menjadi kebutuhan. Transformasi teknologi memang sudah saatnya diperlukan, untuk itu kita buat SIMATA. Laman ini menyediakan informasi dan data yang dibutuhkan masyarakat dengan tranparan,” kata HD saat melaunching SIMATA di Griya Agung Palembang, Senin (23/11).

Dengan dilaunchingnya SIMATA, lanjutnya, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi dan data.

“Informasi dan data harus transparan. Sebab itu saya minta, harus berkolaborasi dalam pengelolaannya sehingga informasi dan data yang disampaikan lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Selain melaunching SIMATA, sebelumnya pada kesempatan yang sama, HD juga mengukuhkan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Daerah Provinsi Sumsel periode 2020-2023.

Dibentuknya Dewan TIK tersebut diharapkan mapu menjadi pemandu dalam transformasi informasi dan data bagi layanan publik.

“Ada tantangan untuk kita di balik pesatnya perkembangan teknologi. Saat ini masih banyak masyarakat yang belum paham sepenuhnya terkait teknologi ini. Dan peran Dewan TIK ini sangat diperlukan dalam mengedukasi hal tersebut,” terangnya.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat dalam mendorong transformasi informasi dan data tersebut sangat penting. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah daerah seperti Dinas Kominfo, Dewan TIK Daerah, hingga perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Pemahaman soal teknologi ini merupakan tugas bersama. Tanggung jawab Dewan TIK Daerah ini tidak sederhana. Masyarakat yang belum menguasai teknologi ini harus diberi edukasi,” paparnya.

Tidak hanya persoalan pemahaman teknologi, sara pendukung seperti sinyal juga terus diperbaiki, sehingga kemajuan teknologi bisa dirasakan hingga pelosok Sumsel. Terkait hal itu, HD sendiri telah menginstruksikan untuk memperbanyak booster penguat sinyal.

“Sarana juga masih terus kita perbaiki untuk menunjang agar teknologi itu bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat,” tegasnya.

Kepala Dinas Kominfo, H Achmad Rizwan mengatakan, SIMATA merupakan implementasi dari arahan gubernur. Hasil kesepahaman antara Dinas Kominfo dan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Ini juga implementasi arahan gubernur yang menginginkan adanya tansformasi informasi. SIMATA ini mengatur tata kelola data sehingga data yang diberikan akurat dapat dipertanggungjawaban. Ini bentuk transparansi data untuk masyarakat. Data di dalam SIMATA berasal dari OPD yang ada di Sumsel,” terangnya.

TEKS/FOTO : HUMAS





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster