Pemprov Sumsel Terima Kunker Komisi I DPRD Jambi

 224 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL – Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas Kominfo Prov Sumsel belum lama ini menerima kunjungan kerja Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Provinsi Jambi dalam rangka studi banding ketersediaan infrastruktur TIK dan menunjang pelayanan publik di Kantor Diskominfo Sumsel.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Prov Jambi, Edi Purwanto, SH., MSi., diterima oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kadis Kominfo Sumsel H Achmad Rizwan SSTP MM.

Gubernur melalui Achmad Rizwan, mengatakan pengembangan TIK di Sumsel yang dilakukan sesuai dengan Visi Misi Pemprov Sumsel yaitu untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan melalui pembangunan infrastruktur dan SDM yang berkualitas dan profesional.

Selain itu, Pemprov Sumsel juga menyiapkan berbagai kebijakan teknologi informasi untuk Pemprov Sumsel antara lain persiapan master IT plan, peraturan gubernur (pergub) tentang penyelenggaraan Sumsel Smart Province, pergub tentang internet dan web desa, master plan SPBE, draft pergub tentang tata kelola SPBE dan draft pergub Sumsel Satu Data.

“Infrastruktur TIK dalam menunjang pelayanan publik di Sumsel, yaitu pusat data, pusat kendali, layanan sub domain dan hosting OPD, layanan email dan aplikasi OPD, media center, PPID, Simata, layanan SP4N LAPOR, dan internet/web desa,” jelasnya.

Rizwan menjelaskan, Draft peraturan Gubernur Sumsel tentang tata kelola SPBE dibuat agar setiap OPD mempunyai aturan dalam pembuatan aplikasi. Fungsi peraturan Gubernur tata kelola SPBE harus dibuat sesuai satu data. Dengan pergub ini kedepannya tidak ada data berbeda dimana datanya sudah terintegrasi dalam satu sistem.

“Salah satu program unggulan yaitu Internet dan Web Desa. Program ini dibuat Gubernur HD untuk meningkatkan kualitas pengembangan potensi desa di bidang pariwisata dan UMKM yang telah dimulai dari tahun 2019 dengan 170 web desa dan 34 internet desa tersebar di 17 kab/kota dengan menggandeng provider,” katanya.

Lanjutnya, Gubernur HD juga melaunching booster sinyal dari SMK di Sumsel bekerjasama dengan Balai Monitoring Kemenkominfo dan provider untuk meminimalisir blankspot. Menurutnya program-program tersebut merupakan pemicu agar kab/kota membuat langkah serupa yang dilaksanakan.

Sementara itu, Ketua DPRD Prov Jambi, Edi Purwanto, SH., MSi., mengatakan kominfo memiliki plan strategis untuk kemajuan Provinsi. Menurutnya Sumsel dinilai maju dalam pertumbuhan perekonomian dan infrastruktur, sehingga dalam kesempatan itu, DPRD Prov Jambi melakukan studi banding untuk diterapkan di Prov Jambi.

“Kami ingin mendapatkan pengetahuan agar Kominfo di Jambi dapat membangun sistem informasi dan komunikasi yang lebih baik,
Dan mendorong Diskominfo Jambi melakukan hal serupa,”katanya

Menurutnya, tujuan inovasi layanan publik melalui peningkatan infrastruktur, salah satunya tren pada zaman modern yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

“Kami berharap kominfo jadi leading sektor untuk teknologi dan komunikasi. Kita juga berharap KPID Prov Sumsel dapat bersinergi dengan baik untuk mengawasi penayangan TV yang sesuai bagi penontonnya,” pungkasnya.

TEKS/FOTO : DISKOMINFO





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster