KUD di MUBA Laksanakan Peremajaan Sawit

 238 total views,  2 views today

MUBA | KSOL – Koperasi Unit Desa di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan terus melaksanakan program peremajaan kelapa sawit untuk menjaga agar buah sawit selalu berkembang dan berkualitas.

Program peremajaan atau replanting kelapa sawit rakyat dicanangkan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin pada Oktober 2017 lalu, terus dikembangkan.

Kini pembangunan peremajaan kelapa sawit untuk anggota koperasi Tri Bakti Sentosa semakin gencar, kata Sumingtro, Ketua KUD Tri Bakti Sentosa kepada Tim KABAR SUMATERA belum lama ini.

Replanting ini bukan hanya untuk lahan plasma saja, namun juga untuk sawit swadaya, karena dirinya menerima laporan sawit swadaya produksinya kurang maksimal.

Untuk itu pihaknya meminta kepada pihak KUD untuk melakukan pendataan petani sawit non plasma sehingga nanti bisa mengikuti program replanting seperti yang sudah terlaksana.

Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Musi Banyuasin, memasuki kegiatan penanaman seluas 1.789,70 hektare. Kegiatan peremajaan ini diikuti empat koperasi yaitu Koperasi Unit Desa (KUD) Mukti Jaya dan Tri Bakti Sentosa,(KUD), Kecamatan Sungai Lilin, serta KUD Sumber Jaya Lestari dan Suka Makmur, Kecamatan Keluang, Musi Banyuasin.

“Alhamdulillah replanting di 4 KUD telah selesai, total luas lahan yakni 4.446 ha.

Menurut dia, atas suksesnya replanting ini, kedepan harus lebih baik, karena sekarang semua serba mudah, baik dari segi pendanaan, infrastruktur, dan lain sebagainya, tidak seperti penanaman 25 tahun yang lalu, cari anggota masih sulit, jalan masih jelek.

Kedepan kita upayakan agar bisa memiliki pabrik pengolahan kelapa sawit sendiri agar pengelolaan kelapa sawit bisa dari hulu sampai hilir,” demikian disampaikan Sumingtro, Ketua KUD Tri Bakti Sentosa.

TEKS/ FOTO: TIM KABAR SUMATERA/NET





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster