Fraksi PAN DPR Banyuasin Dukung RUU Minuman Beralkohol

 301 total views,  2 views today

Fraksi PAN DPRD Kabupaten Banyuasin H Achmad Nurcolis S.Sos.I mendukung pembahasan Rancangan undang-undang minuman beralkohol.

Sebenarnya pada tahun 2015 DPR sudah merancang RUU Minuman beralkohol tersebut namun terjadi penundaan. Hingga di tahun 2020 ini RUU tersebut masuk kembali sebagai usul inisiatif  DPR, katanya pada Tim KABAR SUMATERA, belum lama ini.

Tujuannya melindungi masyarakat dari dampak negatif akibat mengonsumsi minuman beralkohol. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa akibat dari minuman beralkohol tersebut bukan hanya merugikan dirinya sendiri, namun juga orang lain.

Seperti contoh akibat miras tersebut penggunanya menjadi mabok yang berujung pada kemaksiatan antara lain berzina, membunuh, dan melakukan tindak asusila.

Jadi dari itulah hadirnya RUU Minol untuk memberikan ketegasan sanksi sebagai bukti nyata penegakan keadilan dan stabilitas keamanan masyarakat.
Bentuk kepedulian dan ketegasan kita bisa dilihat dalam pasal 18 hingga 21 Bab IV tentang Ketentuan Pidana dalam draf RUU Larangan Minol menyebutkan, mereka yang melanggar aturan memproduksi, memasukkan, menyimpan, dan/atau mengedarkan minuman beralkohol akan dipidana penjara minimal dua tahun dan paling lama 10 tahun atau denda paling sedikit Rp 200.000 dan paling banyak Rp 1 miliar.

Sementara, masyarakat yang mengonsumsi minuman beralkohol akan dipidana penjara minimal tiga bulan dan paling lama dua tahun atau denda paling sedikit Rp 10.000.000 dan paling banyak Rp 50.000.000.

Jika pelanggaran mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain, dipidana dengan pidana pokok ditambah satu pertiga.

Terlepas dari uraian di atas, saya yakin rata rata seluruh masyarakat menyetujui agar RUU bisa terwujud, karena minol itu banyaklah mudaratnya dari manfaatnya. Kita sebagai muslimpun paham dan tahu, jika mengonsumsi barang haram bisa menyebabkan tertolaknya doa dan ibadah.

Bahkan mengonsumsi minol juga bisa merusak hubungan kita pada Allah dan kepada manusia, tambah dia.

TEKS/ FOTO : TIM KABAR SUMATERA





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster