Koperasi Tani Sawit Muba Terus Remajakan Kelapa Sawit

 1,638 total views,  6 views today

MUBA | KSOL – Program peremajaan atau replanting kelapa sawit rakyat dicanangkan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Musi Banyuasin pada Oktober 2017 lalu, terus dikembangkan. Kini pembangunan peremajaan kelapa sawit untuk anggota koperasi Tri Bakti Sentosa semakin gencar. Ke koperasi tani sawit kembali.

Koordinator Program Sawit Rakyat (PSR) Muba Ir.Deddy Widyastono kepada Tim KABAR SUMATERA menyebutkan, PSR adalah program strategis dan prioritas Pemkab Muba sejalan juga dengan program pemerintah pusat.

Dalam hal itu, pemerintah pusat menyediakan dana hibah guna meremajakan kelapa sawit rakyat yang sudah tidak produktif bagi seluruh perkebunan sawit di Indonesia.

Program PSR dimulai dan dicanangkan Presiden RI Joko Widodo pada 2017 di Kecamatan Sungai Lilin. Alhamdullilah PSR di Muba dianggap pemerintah pusat paling berhasil. Sekarang ini sudah mencapai 12.000 hektar jumlah yang telah di replanting.

Peremajaan kelapa sawit harus dilakukan oleh pekebun secara mandiri dan berdaulat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip kemitraan. Harus ada kelengkapan dokumen, karena sistem data terintegrasi dan dibatasi hanya boleh maksimal empat hektar setiap KK.

“Kuncinya KUD dan kelompok tani sawit itu harus kompak dan bersatu demi menyukseskan program PSR,” tambah dia.





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster