Saya punya bukti foto dan rekaman video pertemuan hakim dengan pengacara, Laporkan ke KY (Kolom PKY Oktober 2020)

 108 total views,  1 views today

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada: Komisi Yudisial Republik Indonesia  Penghubung Wilayah Sumatera Selatan  melalui email: penghubungky@gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.id Respon akan dimuat setiap 3 pekan   

Pertanyaan Masyarakat:

  • Apakah setiap melaporkan etika dan perilaku hakim ke KY akan segera diperiksa hakim yang dilaporkan.

Pengirim : Rina di Banyuasin – Email : Rinasaja@gmail.com

Respon:

Peraturan KY Nomor 2 Tahun 2015 dijelaskan tata cara penanganan laporan masyarakat yang akan dilakukan secara transparan, cepat, tepat, cermat, tuntas, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan tidak mengurangi hak-hak pelapor. Namun tentu semua ada tahapannya, mulai dari verifikasi, anotasi, investigasi, pemeriksaan, hingga sidang panel/pleno komisioner.

Pertanyaan Masyarakat:

  • Bisakah KY memproses putusan hakim yang diduga janggal karena terindikasi suap, tapi putusan tersebut telah terjadi 1 tahun yang lalu, hanya saja kami baru menemukan buktinya belum lama ini.

Pengirim : Safriadi di Pagaralam. Safri.adi34@gmail.com

Respon: 

Putusan hakim yang diduga ada kejanggalan dengan bukti-bukti pendukung dapat dilaporkan ke Komisi Yudisial. Komisi Yudisial tidak mengenal istilah kadaluarsa dalam memeriksa dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), sehingga pelanggaran hakim dan putusan hakim yang dianggap janggal pasti akan diproses, asalkan dimulai dari tahun 2004 karena itu merupakan awal berlakunya UU Komisi Yudisial sebagai pengawas etika dan perilaku hakim.

Namun Komisi Yudisial tidak memiliki kewenangan mengubah putusan hakim, dan laporan yang diproses hanya dilihat dari aspek etika dan perilaku hakim saja, yakni apakah dalam proses putusan telah terjadi pelanggaran KEPPH (Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim).

Silahkan menyiapkan bukti formil (KTP/SIM/Paspor, KTA khusus advokat, surat kuasa khusus bagi yang menggunakan kuasa), dan bukti materiil (fotokopi salinan resmi putusan disertai video, audio visual, rekaman persidangan, foto, dan kliping koran bila ada).

Pertanyaan Masyarakat:

  • Saat ini kami sedang menjalani persidangan perkara perdata di Pengadilan TUN Palembang dan bermaksud meminta bantuan PKY Sumsel melakukan pemantauan sidang, karena ditakutkan akan diintimidasi oleh pengadilan. Tolong informasi prosedur meminta pemantauan ke PKY. Terima kasih.

Pengirim : Emilda di Pangkalan Balai. emilda@yahoo.com

Respon:

Silahkan menyiapkan persyaratan administratif berupa identitas pemohon (dilengkapi keterangan alamat surat, alamat surat elektronik (e-mail), nomor telepon, nomor telepon genggam, nomor perkara, jadwal dan agenda persidangan, identitas majelis hakim dan panitera pengganti, identitas para pihak yang berperkara, kronologis singkat perkara, hingga uraian mengenai alasan diperlukannya pemantauan sebagai syarat substantif.

Pertanyaan Masyarakat:

  • KY kami mau menanyakan jika memiliki bukti pelanggaran kode etik hakim di dalam maupun diluar dinas berupa pertemuan di ruangan kerja dengan jaksa hanya berdua saja dan berulang-ulang makan di restoran, namun terus terang saja jika disampaikan ke KY khawatir identitas akan dibuka oleh KY.

Pengirim : Faisal Amin di Muara Telang Banyuasin. Faisalamin@yahoo.com

Respon:

Komisi Yudisial menjamin kerahasiaan dan keamananan identitas pelapor/informan/saksi yang menyampaikan laporan/informasi tentang dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim ke Komisi Yudisial, juga bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), sehingga apapun yang disampaikan ke KY akan dilindungi.

Pertanyaan Masyarakat:

  • Apakah boleh melibatkan KY Sumsel pada kegiatan diskusi daring kampus?.  Andrianto di Kayuagung.

Pengirim : Andrianto@gmail.com

Respon:

Terima kasih atas perhatiannya. Tentu saja boleh karena Komisi Yudisial milik kita bersama, dan menghantarkan peradilan yang bersih dan bermartabat adalah tugas kita bersama. Silahkan menghubungi melalui email PKY Sumsel penghubungky@gmail.com atau melalui telepon 0711 5734945.

Pertanyaan Masyarakat:

  • Saya punya bukti foto dan rekaman video pertemuan hakim dengan pengacara sedang makan di salah satu café Palembang sedang nego perkara.

Pengirim : Salim Hadi di Palembang. Saleemtee@gmail.com

Respon:

Jika memiliki bukti foto dan video pertemuan hakim dan pengacra yang diduga membicarakan perkra dapat disampaikan ke KYRI untuk ditindaklanjuti.

CATATAN : Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kantor KYRI Penghubung Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Lantai 2 Bagian kiri/depan KODAM II SWJ) Telp: 07115734945 atau email penghubungky@gmail.com





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster