Mengapa Sejak Corona PKY Tidak Terlihat Memantau? (Kolom PKY September 2020)

 45 total views,  1 views today

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada: Komisi Yudisial Republik Indonesia Penghubung Wilayah Sumatera Selatan melalui email: penghubungky@gmail.com atau pkysumsel@komisiyudisial.go.id Respon akan dimuat setiap 3 pekan

Pertanyaan Masyarakat:

  1. Bisakah KY memproses surat tembusan keluhan kami ke MA RI untuk ditindaklanjuti sebagai laporan resmi dari kantor hukum kami.

Pengirim : Law Firm di Pagaralam. raguelmax@gmail.com

Respon: 

KYRI tidak dapat menjadikan surat tembusan laporan sebagi syarat formal maupun material laporan. Oleh karena itu kami harapkan untuk menyampaikan laporan tersendiri kepada KYRI dengan memuat identitas pelapor, identitas perkara dan identitas majelis hakim, pokok laporan berupa bentuk dugaan pelanggaran Kode Etik dan pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), serta lampirkan identitas pelapor dan bukti pendukung lainnya (putusan/gugatan/dakwaan/surat kuasa khusus melapor ke KYRI).

Pertanyaan Masyarakat:

  • Rencananya dalam waktu dekat kami akan melaporkan putusan majelis hakim yang menurut kami sangat tidak adil dan janggal. Mohon informasi apa saja yang harus kami siapkan untuk menyampaikan laporan ke KYRI.

Pengirim : Safrida di OKU Timur. Safrida@yahoo.co.id

Respon:

Silahkan menyiapkan identitas diri, identitas perkara dan identitas majelis hakim, pokok laporan berupa bentuk dugaan pelanggaran Kode Etik dan pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang berkaitan dengan putusan, serta lampirkan salinan putusan, dan pendukung lainnya (foto/video/rekaman suara pelanggaran KEPPH & kliping koran bila ada,).

Pertanyaan Masyarakat :

  • Juru sita pengadilan di tempat kami sudah mengelabuhi kami dengan mengatakan bahwa dirinya adalah ketua panitera dan akan membantu keringanan hukuman untuk adik kami yang sedang diperiksa hakim. Setelah menerima puluhan juta uang dari kami malah tidak bisa lagi ditelpon dan sulit ditemui. Bagaimana cara melaporkannya ke KYRI. Toch Sahabudin di Kayuagung.

Pengirim : Sahabudin.toch@gmail.com

Respon:

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 Tentang KYRI hanya memberikan wewenang untuk menerima pengaduan/laporan masyarakat mengenai hakim. Jika disampaikan ke KYRI akan dibantu diproses untuk diteruskan ke MARI. Namun sebaiknya pengaduan/laporan mengenai panitera/jurusita disampaikan ke Kepaniteraan MARI di bagian pengaduan layanan kepaniteraan atau dapat disampaikan ke Pengadilan tempat tugas juru sita/panitera terkait.

Pertanyaan Masyarakat :

  • Mengapa sejak wabah korona tidak terlihat lagi tim PKY memantau sidang di pengadilan, padahal banyak sekali perkara yang perlu dipantau KY agar diperiksa hakim dengan adil.

Pengirim : Jejen Sumaja di Palembang. Jejens@gmail.com

Respon:

Pemantauan perkara secara fisik menggunakan alat perekam memang dikurangi seriring dengan pandemi yang masih mewabah. Namun KYRI tetap melakukan pemantauan perkara persidangan dengan menggunakan sistem informasi tekhnologi. Selain itu digunakan pula jalur formil dengan menyurati pihak pengadilan dengan memberitahukan jika KYRI sedang memantau perkara tertentu agar diperiksa sesuai KEPPH dan hukum acara yang berlaku.  

Pertanyaan Masyarakat :

  • Laporan dugaan pelanggaran kode etik hakim sudah kami sampaikan ke KY melalui surat pos. Kapan laporan kami akan diberikan feedback?. Firmansyah di Musi Banyuasin.

Pengirim : Firmansajah@yahoo.com

Respon:

Setiap laporan yang masuk ke KYRI segera diproses dengan berpedoman pada Peraturan KY Nomor 2 Tahun 2015 yang mana penanganan laporan masyarakat akan dilakukan secara transparan, cepat, tepat, cermat, tuntas, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan tidak mengurangi hak-hak pelapor. Namun tentu semua ada tahapannya, mulai dari verifikasi, anotasi, investigasi, pemeriksaan, hingga sidang panel/pleno komisioner. Mohon bersabar dan semoga segera diperoleh hasil/jawaban atas laporan yang saudara sampaikan.

Pertanyaan Masyarakat :

  • Tolong informasinya syarat apa saja untuk meminta dilakukan pemantauan sidang oleh KY Penghubung Sumsel.

Pengirim : Soleh Rahmad di Pangkalan Balai. solehrahm@gmail.com

Respon:

Permohonan pemantauan sidang ke KYRI cukup dengan melampirkan identitas diri, dakwaan/gugatan, surat kuasa khusus meminta pemantauan jika dikuasakan, dan mengisi form permohonan pemantauan.

CATATAN :  Informasi selengkapnya silahkan menghubungi kantor KYRI Penghubung Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Lantai 2 Bagian kiri/depan KODAM II SWJ) Telp: 07115734945.

Kontak Pengelola : WA – 0812-7127-4232




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster