Rekomendasi Camilan Tanpa Takut Bikin Gemuk

 417 total views,  2 views today

JAKARTA | KSOL — Ingin menjaga berat badan bukan berarti Anda harus menghindari camilan sama sekali. Konsumsi camilan alias ngemil justru membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian.
Sebaiknya pilih camilan yang kaya protein, lemak juga serat. Jenis-jenis nutrisi ini memerlukan waktu cukup lama untuk dicerna sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selama libur panjang akhir pekan ini, tentu menyenangkan bisa rebahan lebih lama sekaligus menonton serial favorit.

Sebagai kawan menonton, berikut rekomendasi camilan yang tidak akan membuat pinggang makin melar.

  • Almond
    Kacang-kacangan adalah camilan yang menyehatkan. Meski kaya akan lemak, Anda tidak perlu takut mengonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang almond.

Melansir dari Eating Well, sebuah studi menemukan orang yang mengonsumsi almond merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang mengonsumsi kacang jenis lain dengan frekuensi lebih sedikit.

Almond memberikan tubuh nutrisi seperti, serat, protein dan lemak sehat. Sebanyak 23 butir almond mengandung 164 kalori, 4 gram serat dan 6 gram protein.

sebuah studi menemukan orang yang mengonsumsi almond merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang mengonsumsi kacang jenis lain dengan frekuensi lebih sedikit. (Unsplash/Juan Jose Valencia Antia)

Kacang Almondsebuah studi menemukan orang yang mengonsumsi almond merasa kenyang lebih lama daripada mereka yang mengonsumsi kacang jenis lain dengan frekuensi lebih sedikit. (Unsplash/Juan Jose Valencia Antia)

  • Hummus
    Anda pun bisa menikmati jenis kacang-kacangan dalam bentuk berbeda dalam sajian hummus. Kudapan tradisional khas Mediterania ini terbuat dari kacang chickpea (kacang Arab) yang dihaluskan.

Hummus bisa Anda buat sendiri di rumah atau memperolehnya langsung di supermarket.

Melansir dari Medical News Today, studi pada 2016 menemukan hummus menawarkan banyak manfaat berkat nutrisinya berupa protein dan serat. Keduanya mampu membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak makan dengan porsi berlebih saat makan besar.

Hummus bisa dinikmati begitu saja atau dijadikan celupan saat menyantap sayuran.

  • Apel
    Menurut Susan Bowerman, asisten direktur di UCLA Center for Human Nutrition, menuturkan buah-buahan bisa Anda jadikan camilan. Apel bisa Anda jadikan camilan dan dipadukan dengan protein untuk memberikan rasa kenyang lebih.

“Berbeda dengan karbohidrat, yang mana terpakai dalam waktu singkat, protein akan membantu mengawetkan energi dan mengontrol rasa lapar dalam dua jam ke depan,” kata Bowerman mengutip dari Health.

Padukan apel dan susu sehingga Anda bisa memperoleh asupan 10 gram protein dan 5 gram serat dengan total hanya 200 kalori.

Padukan apel dan susu sehingga Anda bisa memperoleh asupan 10 gram protein dan 5 gram serat dengan total hanya 200 kalori. (AP Photo/Elaine Thompson)
  • Telur rebus
    Menonton film atau serial drama ditemani segelas susu mungkin bakal membuat Anda mengantuk. Sumber protein lain yang patut masuk daftar adalah telur rebus. Padukan dengan asparagus rebus atau panggang untuk memperoleh pasokan serat.

Padukan 15 batang asparagus dengan sebutir telur rebus sehingga tubuh bisa memperoleh nutrisi berupa 126 kalori, 11 gram protein dan 5 gram serat.

  • Dark chocolate
    Siapa yang tak suka cokelat? Sebatang cokelat mungkin tak sadar Anda habiskan sendirian. Namun sebaiknya pilih jenis dark chocolate yang kaya nutrisi.

Melansir dari Medical News Today, berdasar United States Department of Agriculture sebatang dark chocolate (101 gram) dengan kandungan 70-85 persen kakao mengandung 7,8 gram protein, 11 gram serat, 46 gram karbohidrat, 43 gram lemak, 12 miligram zat besi juga 230 miligram magnesium.

Konsumsi dark chocolate pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan seperti antioksidan tubuh, membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menyehatkan otak, dan efek anti-inflamasi.

Sebaiknya Anda membuat popcorn sendiri karena biasanya popcorn di pasaran mengandung pemanis tambahan. (stevepb/Pixabay)

Ilustrasi PopcornSebaiknya Anda membuat popcorn sendiri karena biasanya popcorn di pasaran mengandung pemanis tambahan. (stevepb/Pixabay)

  • Popcorn
    Demi menghadirkan suasana bioskop, Anda bisa nonton film ditemani popcorn. Mengutip dari Eating Well, popcorn mengandung serat dan protein.

Dalam sekitar 28 gram popcorn mengandung 4 gram serat, hampir 4 gram protein dan 110 kalori. Sebaiknya Anda membuat popcorn sendiri karena biasanya popcorn di pasaran mengandung pemanis tambahan.

  • Greek yogurt
    Yogurt Yunani alias Greek yogurt tak hanya memberikan kalsium dan serat, tetapi juga protein dan probiotik untuk menyehatkan pencernaan. Sebaiknya Anda memilih Greek yogurt tanpa label ‘low fat’ dan tanpa perasa.

Cukup yogurt tawar dan tambahkan potongan buah-buahan atau kacang-kacangan termasuk almond dan walnut. Buah-buahan dan kacang akan menambah nutrisi yogurt berupa serat, lemak sehat, vitamin dan mineral.

TEKS/FOTO : CNN INDONESIA.COM (els/end)





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster