Sikapi Pandemi Covid-19, Komite Teater DKP, Bakal Manggung Virtual

 368 total views,  2 views today

PALEMBANG  | KSOL – Badan atau fisik bisa saja terkurung, termasuk terpenjara Pandemi Covid-19.  Tetapi ide dan proses kreatif  tak bisa dikungkung oleh apapun. Demikian ungkapan Dahlan Iskan, tokoh media di Indoensia yang kini melahirkan sebuah Harian D’Is Way.

Demikian halnya dengan ide kreatif dari personal senikan teater di Palembang, yang tergabung dalam Komite Teater Dewan Kesenian Palembang (DKP). Pandemi Covid-19 tak juga bisa membendung idealisme dan proses kreatif dalam karya seni teater.

Justeru sebaliknya, kondisi Pandemi Covid-19 berbalik memunculkan bermacam kreasi pelakon teater, yang kemudian siap menggelar Panggung Teater Virtual. Demikian dikatakan Hasan, M.SN, Ketua Komite Teater DKP, melalui whatsapp, Senin (10/8/2020), siang.

Hasan mengakui, di masa Covid-19 banyak ragam sikap dari komunitas teater dalam menyikapi situasi Pandemi Covid-19. Apalagi yang berkaitan dengan pemindahan teater panggung kemudian diusung menjadi pementasan virtual.

Namun, di tengah berbagai tanggapan dari sejumlah komunitas teater terhadap proses kreatif demikian, Hasan menjelaskan Komite Teater DKP tetap konsisten untuk mengisi ruang-ruang kosong di masa Pandemi Covid-19 dengan gelar karya dan diskusi.

Bagi Komite Teater DKP, masa Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk kemudian melakukan improvisasi karya, dari Teater Panggung menjadi Pentas di Dunia Virtual.

Menyikapi kondisi seperti sekarang, menurut Hasan, Komite Teater DKP, kemudian mencoba merespon problemetika ini dalam bentuk diskusi, silatirahmi, dan gelar karya dalam rangkaian kegaiatan acara “ART-NORMAL” melalui Tema “Iklim Kesenian Menuju Kenormalan Baru” yang akan dilaksanakan secara virual dan tatap muka, dengan ettap mengikuti protokol kesehatan.

Hasan menyebutkan, pada acara itu akan dihadirkan sejumlah narasumber, Thonthowi Herijum Eka Permana atau lebih dikenal Toton Da’i Permana, penulis, sutradara Teater dari Palembang, Marhalim Zailani, S.Sn., M.A, Ketua Asosiasi Seniman Riau dan Suku Seni, berasal dari Pekanbaru, Riau dan Mahatma Muhammad, sutradara teater dan aktif di Komunitas Seni Nan Tumpah, yang berasal dari Padang.

Diantara gelar karya yang akan diusung pada event ini, Pertunjukan Teater Virtual, Perfomance Monolog dari Vicky (peserta yang lolos dalam event jejak aktor virtual yang diadakan KEMENDIKBUD) dengan judul  monolog “Takut”.

Hasan menegaskan, acara ini akan  disiarkan secara Live Streaming, melalui media sosial. “Hal ini kami lakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Namun meskipun melalui virtual, Insya Allah tidak akan mengurangi nilai dan pesan dari  gelar karya ini,” tegasnya.

TEKS : IMRON SUPRIYADI | FOTO : NET

Pendaftaran sebagai peserta klik link pada bio profil.

View this post on Instagram

TEATER DAN PANGGUNG VIRTUAL Mencoba Menyikapi persoalan peristiwa Teater dalam mas Covid-19. Banyak yang tumpang tindih dari seniman teater memindahkan panggung ke bentuk virtual. Dewan Kesenian Palembang Komite Teater, mencoba membaca problematika ini, dalam bentuk Diskusi, Silaturahmi, dan Gelar Karya dalam rangkaian kegaiatan acara "ART-NORMAL" dengan Tema "Iklim Kesenian Menuju Kenormalan Baru" yang akan dilaksanakan secara virual dan tatap muka (mengikuti aturan protokol kesehatan). • Dengan dihadirkan Narasumber yaitu: -Thonthowi Herijum Eka Permana (Toton Da'i Permana) Seorang Penulis, Sutradara Teater berasal dari Palembang. – Marhalim Zailani, S.Sn., M.A. Ketua Asosiasi Seniman Riau dan Suku Seni, berasal dari Pekanbaru, Riau. – Mahatma Muhammad, Seorang Sutradara Teater dan Aktif di Komunitas Seni Nan Tumpah, yang berasal dari Padang. • Pertunjukan Teater Virtual Perfomance Monolog dari Vicky dengan judul "Takut", Pertunjukan ini adalah satu peserta yang lolos dalam event jejak aktor virtual yang diadakan oleh KEMENDIKBUD, yang akan disiarkan secara Live Streaming. • Moderator: Hasan • MC: Cek One & Randi • Benefit: E-Certificate Give Away Knowledge • Kegiatan acara diselenggarakan pada: Tanggal 17 Agustus 2020 Hari senin Pukul: 15.00 – 17.00 di @gunscafe Pendaftaran sebagai peserta klik link pada bio profil. Segera Daftarkan Diri Anda! Salam Budaya 🙏 @kebudayaanpalembang @pariwisata.palembang @charming.palembang @pesonasriwijaya @disbudparsumsel @harno.joyo @fitriantiagustinda.finda @ratudewa #artnormal #dewankesenianpalembang #komiteteaterdkp

A post shared by Dewan Kesenian Palembang (@palembangartscouncil) on





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster