5 Hal Keliru Saat Mencuci Tangan yang Tak Boleh Dilakukan

 726 total views,  10 views today

KSOL – Menjaga kebersihan adalah cara paling efektif untuk mencegah infeksi Covid-19. Itu sebabnya, kita disarankan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Riset terdahulu terlah membuktikan, mencuci tangan bisa mengurangi risiko flu hingga 20 persen.

Namun, manfaat tersebut tidak bisa kita dapatkan jika cara mencuci tangan kita keliru. Melansir Web MD, pakar kesehatan Arefa Cassobhoy memaparkan kesalahan umum yang kerap dilakukan manusia saat mencuci tangan.

Berikut kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci tangan:

1. Tidak rutin mencuci tangan Setiap hari kita melakukan berbagai aktivitas yang melibatkan tangan. Alhasil, risiko virus bersarang di tangan kita pun juga semakin tinggi.

Ketika virus sudah mengontaminasi tangan kita, virus tersebut bisa dengan mudah berpindah ke tubuh kita melalui mulut, mata, dan hidung. Itu sebabnya, mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mengusir virus penyebab penyakit.

Tonton Video Ini :

Sumber : youtube/imronkayaraya chanel

Berikut aktivitas yang membuat kita wajib mencuci tangan: setelah berada di tempat umum di mana kita mungkin menyentuh barang-barang seperti keranjang belanja, meja, atau gagang pintu setelah batuk atau bersin sebelum menyentuh wajah terutama mata, hidung, mulut sebelum dan sesudah makan makanan dan menyiapkan makanan setelah pergi ke kamar mandi setelah menyentuh hewan peliharaan sebelum dan setelah membuat atau menyiapkan makanan sebelum dan sesudah melakukan pengasuhan termasuk menggantu popok bayi setelah membuang sampah.

2. Menggunakan sabun yang terlalu sedikit Menggunakan sabun dan air mengalir adalah cara efektif untuk mencuci tangan.

Sayangnya, orang seringkali menggunakan sabun yang terlalu sedikit saat mencuci tangan mereka.

Sebenarnya, kita tidak perlu menggunakan sabun antibakteri untuk membasmi virus dari tangan kita.

Namun, gunakan sabun dengan ukuran yang tepat agar tangan kita benar-benar besih, Jika Anda menggunakan sabun cair, gunakan sabun hingga seukuran uang koin.

Lalu ratakan sabun tersebut ke seluruh tangan agar kotoran dan virus terangkat.

3. Tidak menggosok seluruh tangan Usai membasahi tangan dengan air, kita harus menyapukan sabun ke seluruh bagian tangan kita, termasuk di sela-sela jari dan bawah kuku.

Namun, banyak orang melewatkan hal tersebut. Itu sebabnya, sebaiknya kita mencuci tangan dengan durasi minimal 20 detik agar memastikan seluruh bagian tangan kita bersih.

4. Tidak teliti saat membilas tangan Setelah semua sabun diaplikasikan ke seluruh bagian tangan, kita harus membilas tangan kita dengan air besih untuk menghilangkan sabun tersebut dari tangan kita.

Membersihkan sabun dengan bersih membantu mengurangi risiko iritasi pada kulit. Jadi, pastikan seluruh sabun terangkat dari tangan kita saat membilasnya.

5. Tidak mengeringkan tangan Kuman atau virus bisa berpindah dengan mudah dari tangan yang basah.

Jadi, jangan lupa mengeringkan tangan dengan handuk bersih usai mencucinya. Jika berada di tempat umum, gunakan tisu untuk mengeringkan tangan. Hindari menggunakan pengering listrik karena alat tersebut justru dapat menyebarkan kuman atau virus.

TEKS/FOTO : KOMPAS.COM

loading…




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster