Pemberlakukan PSBB Palembang Menunggu Kemenkes RI

 556 total views,  3 views today

PALEMBANG | KSOL – Beiring dengan upaya antisipasi merebaknya virus covd-19 di Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan segera memberlakukan Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Musi.  

Namun pemberlakuan PSBB ini masih menunggu keputusan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Hal itu dikatakan Sekda Pemkot Palembang Drs. Ratu Dewa, belum lama ini, Senin (4/5/2020).

Lebih lanjut Dewa menyebutkan, saat ini Pemkot Palembang sudah resmi mengirimkan usulan rencana pemberlakuan PSBB melalui Pemeirntah Provinsi Sumatera Selatan ke Kemenkes RI.

Baca Juga :

Sumber : youtube/imronkayara chanel

“Disetujui atau tidaknya penerapan PSBB tersebut diperkirakan keluar pada dua hingga tiga hari ke depan,” ujarnya.

Menurut Dewa, bila usulan ini sudah disetujui, Pemkot Palembang  akan segera membuat Peraturan Walikota (Perwali) sebagai tindaklanjut dari keputusan tentang PSBB, surat keputusan dan administrasi lainnya.

Dewa menambahkan usulan yang diajukan itu sudah berdasar pada kajian dari berbagai aspek, yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 9 tahun 2020. Di dalamnya menyebutkan tentang peningkatan status maupun penyebaran bawah corona di kota, ketersediaan sarana dan prasarana, jaring pengaman sosial dan kesiapan pengamanan.

Dewa menyebutkan, dalam pekan ini sudah ada 16 kecamatan yang terpapar virus covid-19,dari 18 kecamatan di Palembang.

Terhadap adanya jaring pengaman sosial,Dewa menyebutkan Pemkot sudah mendapatkan data adanya 115 ribu warga miskin serta asumsi 49.669 orang miskin baru yang terdampak covid-19.

“Diprediksi kondisi ini akan meningkat lima persen selama verifikasi data masih dilakukan di lapangan sejauh ini,” ujarnya.

Dewa berharap,jaring pengaman sosial yang dibagikan kepada orang miskin baru ini akan tepat sasaran.

Terkait dengan hal diatas,menurut Dewa Pemkot Palembang menghimpun data dari setiap kelurahan dan kecamatan,yang dikoordinasi RT setempat.

Bila kemudian masih ada warga miskin yang tidak terbagi,Dewa menegaskan dinas sosial akan daftarkan kembali warga tersebut.

TEKS:TIM KSOL |FOTO:DETIK.NET.ID

loading…




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster