Studi Temukan Kelemahan Virus Corona

 324 total views,  1 views today

JAKARTA | KSOL — Studi terbaru menemukan kelemahan virus corona SARS-CoV-2. Kelemahan ini memberikan petunjuk untuk mengobati virus corona dan mengembangkan vaksin.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science ini mendapatkan bahwa virus corona penyebab Covid-19 ini memiliki potensi dilemahkan dengan antibodi yang ditemukan pada korban epidemi SARS yang mewabah pada tahun 2002.

Baco Jugo :


SARS adalah sindrom pernapasan akut yang juga disebabkan oleh keluarga virus corona, SARS-CoV. Virus ini pertama kali muncul di China dan menginfeksi hampir 9 ribu orang dan membunuh 774 orang di seluruh dunia.

Lihat juga: Obat Ivermectin Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona dalam 48 Jam
“Ini dapat membantu dalam mendesain vaksin serta terapi berbasis struktur terhadap SARS-CoV-2, dan juga akan melindungi terhadap virus corona lainnya, yang mungkin muncul di masa depan,” kata peneliti Ian Wilson dalam keterangan pers, dikutip dari UPI.

Wilson dan timnya meneliti antibodi anti-SARS-CoV CR3022 dengan menggunakan darah orang yang sembuh dari Covid-19. Mereka menggunakan metode pemetaan struktural resolusi skala atom untuk menentukan bagaimana antibodi saling berikatan dengan SARS-CoV-2.

“Tujuan utama kami di sini adalah untuk memperoleh informasi struktural tentang antibodi dan situs pengikatannya, dan menggunakannya untuk memandu desain vaksin SARS-CoV-2, seperti yang dilakukan laboratorium kami dengan influenza dan HIV,” kata peneliti lain, Nicholas Wu.

Peneliti berharap temuan kelemahan virus corona ini dapat dimanfaatkan untuk menciptakan obat dan vaksin yang dapat melawan pandemi Covid-19.

TEKS/FOTO : CNN INDONESIA (ptj/asr)

loading…




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster