Nyaman Belajar Daring Dengan Smartphone

 9,308 total views,  2 views today

OPPO Ajak Konsumen Tetap Pintar dan Asah Ilmu Selama Masa Kampanye #BetterAtHome

Situasi yang memaksa para konsumen OPPO untuk tinggal di rumah dan menjalankan Work From Home (WFH) akibat pandemi COVID-19, turut berdampak bagi anak-anak sekolah.

Dalam kondisi seperti ini, sekolah menerapkan aktivitas belajar secara daring (online).

Ternyata, meskipun dilakukan secara daring, beberapa sekolah sudah mengikuti kemajuan teknologi dengan mengimplementasi layanan edutech (start up pendidikan) melalui aplikasi, baik aplikasi buatan sekolah tersebut maupun aplikasi yang sudah beredar di Google Play Store.

Untuk mengakses aplikasi-aplikasi tersebut tentunya diperlukan perangkat terkini yang mendukung agar kegiatan belajar mengajar secara online dapat dilakukan secara optimal, salah satunya adalah perangkat A91 dari OPPO yang baru saja meluncur bulan Maret lalu.

Mencoba untuk #StayProductive selama kampanye #BetterAtHome, OPPO menelusuri puluhan layanan gratis yang disediakan oleh startup pendidikan dan perusahaan teknologi, dari mulai sekelompok fitur untuk guru/sekolah membuat “kelas online”, program belajar mandiri, hingga program live-teaching layaknya sekolah harian, yang bagus dan fungsional. Dari berbagai aplikasi belajar online di Play Store, OPPO memilih 5 (lima) aplikasi yang diurutkan secara alfabetikal dan dapat dijalankan dengan mudah di perangkat A91:

1.         Genius

Genius merupakan bimbingan belajar online yang berisi: rangkuman materi lengkap, soal kuis, soal latihan berjenjang dan dilengkapi dengan video-video pembelajaran menarik yang dikembangkan menggunakan teknologi 4.0 sehingga membantu siswa dalam memahami dan menguasai suatu materi.

Di aplikasi ini, pengguna dapat mengakses fitur menarik seperti Bank Soal, Genius teacher, Pojok Literasi, atau Belajar Kelompok dengan membuat grup chat. Pengguna A91 dapat mengunduh aplikasi sebesar 59.31MB ini untuk sarana belajar gratis selama kampanye #BetterAtHome.

2.         Kelas Pintar

Kelas Pintar memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Pengguna OPPO A91 bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik.

Dengan metode belajar interaktif menggunakan video dan animasi serta e-book, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih mudah dan efektif. Pengguna juga dapat berlatih soal dalam bentuk HOTS (High Order Thinking Skills), Virtual Lab dan VBQ (Value Based Questions), dan dievaluasi dengan Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda, dan Tes Periodik. Aplikasi ini dapat diunduh dan dipasang di OPPO A91 dengan kapasiitas 56.60MB sehingga relatif tidak menguras storage yang ada.

3.         Ruangguru

Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Program ini bisa diakses oleh siswa yang sekolahnya sedang diliburkan maupun tidak. Sesi sekolah online yang sudah selesai bisa diputar ulang. Selain itu, pengguna dapat mengerjakan soal di fitur Bank Soal dan TryOut secara gratis.

Dibanding aplikasi belajar daring lainnya, Ruangguru memiliki ukuran paling besar yakni 82.76MB, namun tidak terlalu memakan ruang ROM dari OPPO A91 yang kapasitasnya 128GB.

4.         Rumah belajar

Rumah Belajar, aplikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) ini hanya membutuhkan ruang sebesar 30.29MB di OPPO A91 sehingga tidak menguras kapasitas ROM.

Sebagai portal pembelajaran daring, konten yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Aplikasi ini juga menyediakan Bank Soal mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Materi pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun tersedia di dalam aplikasi gratis ini.

Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya berguna untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa selama kampanye #BetterAtHome.

5.         Zenius

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dengan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes Tryout, atau Ujian Mandiri, serta memperoleh tips belajar.

Aplikasi Zenius bisa diunduh di Google Play Store untuk dipasang di OPPO A91 dengan kapasitas 67.48MB.

Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.

Perangkat A91 dapat menjadi teman belajar yang mengasyikkan selama belajar daring, tidak perlu khawatir juga akan baterai A91 memiliki kapasitas baterai yang besar 4000mAh yang didukung pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 sehingga sangat menghemat waktu dalam pengisian data dan membuat lancar aktifitas belajar daring seharian.

# # #

Tentang OPPO

OPPO adalah merek perangkat ponsel pintar global terkemuka. Sejak meluncurkan smartphone pertamanya – “Smiley Face” – pada 2008, OPPO terus-menerus mengejar sinergi kepuasan estetika dan teknologi inovatif selama 10 tahun.

Saat ini, OPPO memberi pelanggan berbagai perangkat pintar yang dipelopori oleh seri Find, R dan F, sistem operasi ColorOS, serta layanan internet seperti OPPO Cloud dan OPPO+. OPPO beroperasi di lebih dari 40 negara dan wilayah, dengan 6 pusat penelitian di seluruh dunia dan pusat desain internasional di London, lebih dari 40.000 karyawan OPPO berdedikasi untuk menciptakan pengalaman baru dan nilai lebih bagi pelanggan di seluruh dunia.**

TEKS/FOTO : RELEASE

loading…




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster