1 Orang Positif Corona, Sumsel Tanggap Darurat Bencana

 41 total views,  1 views today

JAKARTA  |  KSOL  — Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengumumkan kasus pertama positif virus corona (Covid-19) dan ada dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia. Herman lalu menetapkan status tanggap darurat bencana.

“Dari enam spesimen yang kami kirim, ternyata ada jawaban satu saudara kita positif corona. Ini informasi resmi yang kami sampaikan,” kata  Deru di Palembang, Selasa (24/3).

Deru menyampaikan bahwa pihaknya mengirim enam spesimen pasien dalam pengawasan (PDP) untuk dicek oleh Kemenkes. Dari enam PDP itu, satu orang dinyatakan positif dan dua orang telah meninggal dunia.
Herman mengatakan kemungkinan besar dua orang yang meninggal dunia tersebut positif terinfeksi virus corona. Namun, sejauh ini Kemenkes belum memberikan hasil tes spesimen.

“Sebab data terakhir yang dikirim spesimen itu belum dijawab karena masih dalam proses. Jadi sangat mungkin dari dua PDP yang meninggal, satu positif,” kata dia.

Meski baru satu orang positif corona dan dua PDP meninggal dunia, Herman langsung menetapkan status tanggap darurat di wilayahnya.

“Status Sumsel tanggap darurat atau siaga setelah 2 PDP meninggal meskipun saat ini belum terlapor hasil dari Litbangkes Kemenkes,” kata Deru.

Sebelumnya, pemerintah pusat mengumumkan jumlah kasus positif corona mencapai 686 orang per Selasa (24/3). Dari angka tersebut, 55 di antaranya meninggal dunia dan 30 orang dinyatakan sembuh.

Kasus positif corona terdapat Bali (6 kasus), Banten (65), DI Yogyakarta (6), DKI Jakarta (424), Jambi (1), Jawa Barat (60), Jawa Tengah (19), Jawa Timur (51), Kalimantan Barat (3), Kalimantan Timur (11).

Kemudian Kalimantan Tengah (3), Kalimantan Selatan (1), Kepulauan Riau (5), Nusa Tenggara Barat (1), Sumatera Selatan (1), Sulawesi Utara (2), Sumatera Utara (7), Sulawesi Tenggara (3), Sulawesi Selatan (4), Lampung (1), Riau (2), Maluku Utara (1), Maluku (1), Papua (3), dan dalam proses verifikasi (5 kasus).

“Penambahan kasus baru 107 kasus, sehingga total jumlah korban jadi 686 kasus positif corona, ucap Juru Bicara pemerintah khusus penanggulangan corona, Achmad Yurianto saat konferensi pers, Selasa (24/3).

TEKS/FOTO : CNN INDONESIA.COM/Antara/bmw





Web development by oktopweb.com