Data Kasus Virus Corona di Sumsel : 81 ODP-6 PDP

 266 total views,  4 views today

PALEMBANG | KSOL – Sebanyak 81 warga Sumatera Selatan telah masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) terkait COVID-19 Corona. Dari angka itu, 76 ODP dinyatakan sehat.

“Di Sumatera Selatan total ada 81 ODP kami pantau. Namun 76 dipastikan sudah sehat, statusnya sekarang jadi orang biasa,” ucap juru bicara Satgas Penanggulangan Corona Pemda Sumsel, Prof Yuwono, saat dimintai konfirmasi, Rabu (18/3/2020).

Baca juga:

Mahasiswi Unsri Asal Belanda Diperiksa Setelah Ortu Positif Corona

Selain jumlah itu, imbuh Yuwono, tercatat ada 6 yang masih berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Sedangkan lima lainnya masih dalam pemeriksaan tim kesehatan RS Muhammad Hoesin (RSMH).

“Sisa ada lima orang masih diperiksa sampel dan belum keluar hasilnya. Sementara itu, untuk yang enam orang PDP masih kami isolasi. Ada juga tiga PDP sebelumnya dan itu sudah dipastikan negatif dan sehat,” katanya.

Khusus untuk PDP, hingga kini dipastikan kondisinya baik. Termasuk satu PDP yang dirawat di RS Kayu Agung, yang juga masih menunggu hasil laboratorium dari Balitbang Kemenkes.

“Semua kondisinya semakin baik dan ini perlu saya sampaikan tidak perlu khawatir. Tapi harus tetap waspada, tetap jaga kebersihan, kesehatan, dan ikuti arahan pemerintah,” katanya.

Untuk ODP, Yuwono memastikan satu di antaranya adalah mahasiswi asal Belanda berusia 24 tahun. Ia diawasi tim Satgas karena melihat riwayat dari orang tuanya.

Diketahui, orang tua mahasiswi Belanda tersebut baru saja mengunjungi putrinya. Namun, saat pulang ke Belanda, tiba-tiba jatuh sakit dan dinyatakan sempat positif COVID-19.

Tiga hari kemudian, setelah dilakukan tes ulang, ternyata hasilnya negatif COVID-19 atau Corona. Dari situlah tim Satgas terus memantau mahasiswi tersebut bersama satu rekannya asal India.

TEKS/FOTO : DETIK.COM





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster