Langkah Hilangkan Virus Corona di Rumah

 159 total views,  1 views today

Bukan tidak mungkin virus corona bisa masuk dan menyebar di rumah.

JAKARTA   |  KSOL — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan wabah Corona sebagai pandemik. Artinya penyebaran virus sudah masif di seluruh dunia dan bukan tidak mungkin Covid-19 terbawa masuk ke dalam rumah setiap warga.

Mencuci tangan menggunakan hand sanitizer dan menggunakan disinfektan merupakan salah satu cara efektif membunuh virus. Namun demikian, Tetapi virus masih bisa melekat pada sejumlah permukaan seperti pakaian, sepatu, mobil dan bahkan telepon.

Tidak ada salahnya menambah kehati-hatian guna melindungi diri dan keluarga dari virus mematikan tersebut. Berikut adalah lima cara untuk menjaga rumah tetap bersih dari corona virus seperti diwartakan Cnet, Senin (16/3).

Pertama, gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan permukaan dengan cepat. Hal itu dilakukan terhadap barang-barang yang disentuh beberapa kali dalam sehari semisal gagang pintu, wastafel, gagang kabinet, pintu kulkas, remote control.

Gunakan pembersih desinfektan untuk membersihkan area tersebut dengan cepat agar mencegah kuman. Hal ini bisa dilakukan satu atau dua kali sehari. Biarkan mengering guna memberikan waktu untuk membunuh bakteri yang bertahan setelah dibersihkan.

Kedua, bersihkan permukaan dengan semprotan desinfektan. Gunakan semprotan desinfektan, seperti Lysol untuk mencari kuman yang tidak terlihat di area seperti sofa dan karpet yang sulit dibersihkan.Menyemprot dengan gerakan menyapu untuk menutupi seluruh permukaan. Lalu biarkan benar-benar kering sebelum duduk atau berjalan di permukaan.

Ketiga, gunakan campuran pemutih untuk membersihkan lantai. Direkomendasikan menggunakan satu cangkir pemutih dicampur dengan lima galon air untuk mengepel lantai.

Perhatikan bahwa harus menggunakan desinfektan yang berbeda untuk lantai berpori. Sebagai gantinya, gunakan kain lap basah disinfektan di lantai kayu keras atau kombinasikan setengah cangkir cuka putih dan satu galon air.

Keempat, bersihkan dengan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida tidak hanya efektif untuk memutihkan gigi. Faktanya, hidrogen peroksida tiga persen mampu menonaktifkan rhinovirus dalam waktu delapan menit.

Gunakan cairan itu ke permukaan seperti wastafel, meja atau toilet. Biarkan meresap selama sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu baru gosok area tersebut dan kemudian bilas dengan air.

Kelima, bersihkan juga kendaraan yang digunkaan untuk mobilisasi. Dianjurkan untuk membersihkan bagian-bagian semisal pegangan, kontrol pintu mobil, roda kemudi, shifter, kursi, semua tombol dan kenop di dasbor, pelindung matahari, layar sentuh apa pun, konsol dan tempat piala setiap hari.

Gunakan tisu desinfektan pada sebagian besar permukaan, tidak termasuk kulit dan layar sentuh. Ada tisu khusus yang dibuat untuk membersihkan kulit mobil. Gunakan kain mikrofiber pada layar sentuh untuk menghapus sisa virus yang tertinggal.

TEKS/FOTO : REPUBLIKA.CO.ID

 

 





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster