Negatif Corona, 2 Jemaah Umrah di Palembang Dipulangkan

 408 total views,  9 views today

PALEMBANG | KSOL  — Dua jemaah umrah yang sempat dirawat di ruang isolasi khusus virus corona RSU Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan, dinyatakan sehat dan dipulangkan ke kediaman masing-masing. M (64) pasien laki-laki dan F (77) perempuan dinyatakan menderita pneumonia umum.

Kepala Bagian Humas RSMH Palembang Ahmad Suhaimi mengatakan F dan M dipulangkan pada Senin (9/3) setelah hasil uji sampel darah dilakukan dua kali di laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan. Hasil sampel darah kedua pasien pada dua kali tes negatif Covid-19.

“Sekarang keduanya sudah pulang ke rumah masing-masing karena kondisinya telah sehat, sebelumnya keduanya hanya mengalami batuk dan demam,” ujar Suhaimi, Rabu (11/3).

Grafis : CNN Indonesia.com

Dirinya mengimbau kepada kedua pasien untuk segera datang ke rumah sakit apabila mengalami sakit demam atau batuk kembali.

“Kalau pasien harus kontrol atau tidak itu keputusan dari dokter, kebetulan kemarin saya tidak lihat ketika pulangnya. Jadi kurang tahu apakah disuruh kontrol atau tidak,” ujarnya.

Kepala Seksi Surveillance Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel Yusri menambahkan, F dan M menderita penyakit pneumonia biasa. Gejala pneumonia ditunjukkan dari batuk, radang tenggorokan, dan panas akibat bakteri.

“Jadi disebabkan oleh bakteri, bukan akibat paparan virus corona. Ditambah faktor umur keduanya sudah berusia lanjut sehingga rentan terkena penyakit apalagi setelah perjalanan jauh beribadah umrah,” kata Yusri.

2 Jemaah Umrah Sumsel yang Diisolasi TerkaitCorona DipulangkaInsert artikel waspada virus corona. (CNN Indonesia/Fajrian)

Dirinya berujar rata-rata jemaah umrah yang baru pulang dari Tanah Suci memang menjalani pemeriksaan kesehatan secara intensif untuk mengantisipasi penyebaran virus MERS. Hanya saja sejak virus corona mewabah, pemeriksaan kesehatan makin diperketat. Terutama kepada orang yang demam tinggi.

“Rata-rata jemaah umrah memang rentang usia 45 tahun ke atas, sehingga rentan terkena penyakit,”jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, M dievakuasi ke ruang isolasi khusus RSMH Palembang setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang usai pulang umrah, Selasa (3/3).

Sementara F harus menjalani perawatan di ruang isolasi RSMH Palembang karena mengalami batuk dan pilek, usai menjalani ibadah umrah di tanah suci. F dirujuk dari RS Hermina Palembang pada Rabu (4/3).

Pasien F baru pulang setelah beribadah umrah dan menunjukkan gejala batuk dan sesak napas. Karena tak kunjung pulih, F akhirnya dirujuk ke RSMH dan menjalani perawatan di ruang isolasi.

TEKS : CNN INDONESIA.COM  |   FOTO  :  GOOGLE IMAGE

 





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster