Sumsel Dipastikan Bakal Jadi Andalan Penyuplai Listrik se-Sumatera

 296 total views,  2 views today

PALEMBANG | KSOL – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru sepertinya memberi lampu hijau terkait pembangunan transmisi 500 KV Sumatera, Muara Enim-New Aur Duri, Jambi. Melalui PT Waskita Karya, proyek ini bakal memantapkan Sumsel sebagai andalan penyuplai listrik se-Sumatera.

Senior Vice President EPC Devision PT Waskita Karya, Purma Yose Rizal dalam pertemuan dengan Herman Deru menyebut persiapan pembangunan transmisi 500 KV Sumatera. Dalam waktu dekat, proyek akan segera dijalankan.

“Kami akan mulai jalan pembangunan transmisi dalam waktu dekat. Segmen mulai dari Muara Enim ke New Aur Duri dan masuk beberapa daerah di Sumsel, baik Muara Enim, Prabumulih, dan Pali,” kata Purma setelah menemui gubernur, Rabu (19/2/2020).

Saat ini, kata Purma, upaya dan proses pembangunan sudah memasuki dalam tahapan penyesuaian tata ruang untuk kemudian penetapan lokasi. Sedangkan untuk analisis dampak lingkungan (amdal) diakuinya telah diproses di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Terkait pembebasan lahan tanpa konflik, Purma memastikan sejak awal tercatat sekitar 633 tapak akan dibangun. Semua jauh dari pemukiman penduduk sekitar yang diprediksi meminimalisir terjadinya konflik.

“Tercatat ada 633 tapak yang akan kita bangun dan 75% ada di Sumsel. Itu 400 tapaknya yaitu kawasan nonhutan juga bukan di pemukiman padat penduduk,” kata Purma.

Menurut Purma, dengan adanya jaringan utama dari transmisi ini nanti akan dapat menyangga produksi listrik-listrik dari pembangkit listrik Mulut Tambang di Sumsel sebesar ribuan MW. Sehingga untuk desain tata ruang pun kini sudah direncanakan dengan baik.



“Kita juga sudah ke kabupaten dan kota untuk penyesuaian desain tata ruang di daerah tersebut,” katanya.

Herman Deru yang menerima audiensi pun memberikan lampu hijau. Sebab hal ini akan memberikan dampak positif untuk Bumi Sriwijaya sebagai daerah andalan penyuplai listrik se-Sumatera.

“Pada prinsipnya kita sambut baik hal ini. Apalagi Sumatera Selatan memang sudah dicanangkan sebagai penyuplai listrik se Sumatera,” ucap Herman saat menerima audiensi.

Dengan rencana proyek itu, Herman Deru meminta tim Waskita dapat menghindari konflik sekecil apapun saat pembebasan lahan. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar.

“Bila perlu agar masyarakat tidak khawatir soal kesehatan, Waskita bisa membawa ahli kesehatan. Selebihnya silahkan jalan,” jelasnya.

(ras/jbr)

TEKS/FOTO : DETIK.COM





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster