Menkes RI Pastikan WNI yang Dipulangkan dari Wuhan Bebas Virus Korona

 324 total views,  2 views today

TANGERANG | KSOL – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto memastikan bahwa WNI yang kembali dari Kota Wuhan, Hubei, China, dinyatakan sehat dan aman dari paparan virus korona.

Hal tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan kesehatan di wilayah masing-masing oleh tim kesehatan yang sudah tiba di China sejak kemarin.

“Warga negara kita yang pulang adalah warga yang sehat karena sudah dilakukan screening dan clearing untuk memastikan bahwa yang kita bawa ini adalah Warga Negara Indonesia yang sehat,” kata Terawan, di Ruang VIP Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (1/2/2020).

Baca Juga: Natuna Dipilih Jadi Tempat Transit WNI yang Dievakuasi dari Wuhan

Menkes juga menegaskan meskipun dalam pemeriksaan di China sudah dinyatakan sehat, namun WNI yang datang akan tetap diisolasi untuk dilakukan transit observasi sesuai protokol World Health Organization (WHO). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada virus korona yang berkembang selama masa inkubasi.

“Tetap akan kita lakukan transit observasi sesuai protokol WHO dan tentu saja itu membutuhkan kedisiplinan dan protokol transit observasi,” jelasnya lagi.

Sebelumnya, pemerintah akan mengevakuasi 250 WNI yang berada di Kota Wuhan, Hubei, China untuk pulang ke Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona kepada WNI. Setelahnya, WNI yang berhasil kembali ke Indonesia akan diisolasi untuk sementara waktu di Natuna sebelum kembali ke daerah asal masing-masing.

TEKS/FOTO : DETIK.COM (fid)

Pengakuan salah satu Warga Wuhan China




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster