Bagaimana Cara Melaporkan Jaksa Menipu? (Kolom PKY Sumsel Edisi Januari 2020)

 92 total views,  1 views today

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada : Penghubung Komisi Yudisial Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan melalui email: penghubungky@gmail.com Respon akan dimuat setiap 3 pekan :  

Pertanyaan Masyarakat:

  1. KY tolong infomasinya cara melaporkan jaksa yang sudah menipu kami mengatakan dapat membantu membebaskan anak kami namun nyatanya anak kami divonis 2 tahun oleh hakim?

Pengirim : Ugo Trisno di Kayuagung. ugotrisno@gmail.com

Respon:  

Undang-undang Nomor 22 tahun 2004 tentang Komisi Yudisial hanya memberikan amanah untuk melakukan pengawasan terhadap hakim di wilayah Pengadilan Agama, Tata Usaha, Negeri, dan Militer. Untuk dugaan pelanggaran kode etik jaksa dapat disampaikan ke Komisi Kejaksaan RI. Demikian

  • Mohon informasi jika melaporkan hakim memiliki keterbatasan dalam membuat laporan, karena sudah lansia dan tidak dapat lagi menulis hanya dapat menceritakan kejadian saja.

Pengirim : Santo Irawan di Indralaya. Santo22@gmail.com

Respon:

Komisi Yudisial RI memberikan pelayanan bagi semua masyarakat tanpa membeda-bedakan status dan kondisinya. Silahkan menghubungi kantor KYRI Penghubung Wilayah Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0852-85147785 (Gedung Baznas lantai 2 bagian kiri, Depan Kodam Sriwijaya).  Terima kasih.

  1. Tolong informasi prosedur mengajukan pemantauan persidangan di KY Sumsel. Terima kasih.

Pengirim : Thamrin di Sekayu. riandi45@yahoo.co.id

Respon:

Prosedur permintaan pemantauan persidangan ke KYRI sangatlah mudah. Cukup dengan mengisi form yang berisikan identitas pemohon, nomor perkara, identitas majelis hakim dan Panitera Pengganti, kronologis atau kasus posisi, dan alasan mengapa perkara tersebut perlu dipantau KYRI. Silahkan persiapkan identitas diri (KTP/SIM/KK/kartu advokat atau ID lainnya yang berlaku). Bila permintaan pemantauan atas nama orang lain maka kami akan meminta mengisi surat kuasa khusus. Selanjutnya dilampirkan dokumen terkait perkara misalnya gugatan, dakwaan, dan sebagainya. Informasi lebih jelas silahkan hubungi kantor KYRI Penghubung Wilayah Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor7490 Telp: 0775734945 (Komplek Baznas, Depan Kodam Sriwijaya).  

  • Jika dalam putusan hakim terdapat banyak sekali yang keliru/salah, saksi hanya 2 orang dibuat 4 orang, keterangan saksi berbeda dengan fakta persidangan, dan amar putusan ditulis 3 tahun padahal saat sidang vonis terdengar jelas disebutkan hakim ketua hanya 2 tahun dan dijelaskan ulang ke terdakwa. Tolong bantuannya KY bagaimana melaporkan hakim dan putusannya yang seperti itu?

Pengirim : Idris Rahmi di Lahat. Idrisanto@yahoo.com

Respon:

Silahkan untuk menyiapkan syarat formil (KTP/SIM/Paspor), dan syarat materiil(fotokopi cap basah putusan), disertai video/audio visual/rekaman persidangan/foto/kliping koran bila ada). Selengkapnya dapat menghubungi kantor KYRI Penghubung Wilayah Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 07115734945 (Gedung Baznas Lantai 2 bagian kiri, Depan Kodam Sriwijaya).  Terima kasih.

  • Sudah 3 minggu saya menyampaikan laporan ke KYRI dan saya mendengar desas desus kabar biasanya akan segera dipanggil untuk dimintai keterangan, apakah betul begitu? Terima kasih.

Pengirim : Jefri Marlin di Prabumulih. Jefry@yahoo.co.id

Respon:

Setiap laporan masyarakat yang masuk ke KYRI akan diproses sesuai dengan aturan/prosedur. Jika akan dilakukan pemeriksaan terhadap pelapor, KYRI pasti akan mengirimkan surat panggilan secara patut. Jika informasi bukan langsung disampaikan oleh KYRI maka tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terima kasih.  

  • KY kami mau mengajukan pemantauan persidangan agenda putusan. Bagaimana caranya atau prosedurnya?.

Pengirim : Wirawan di Prabumulih. Wirawan@yahoo.com

Respon:

Prosedur permintaan pemantauan persidangan ke KYRI sangatlah mudah. Cukup dengan mengisi form yang berisikan identitas pemohon, nomor perkara, identitas majelis hakim dan Panitera Pengganti, kronologis atau kasus posisi, dan alasan mengapa perkara tersebut perlu dipantau KYRI. Silahkan persiapkan identitas diri (KTP/SIM/KK/kartu advokat atau ID lainnya yang berlaku). Bila permintaan pemantauan atas nama orang lain maka kami akan meminta mengisi surat kuasa khusus. Selanjutnya dilampirkan dokumen terkait perkara misalnya gugatan, dakwaan, dan sebagainya. Informasi lebih jelas silahkan hubungi kantor KYRI Penghubung Wilayah Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 Telp: 0852-85147785 (Gedung Baznas lantai 2 bagian kiri, Depan Kodam Sriwijaya)





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster