5 Cara Mengendarai Motor di Jalan Sempit

 359 total views,  2 views today

JAKARTA | KSOL — Mengendarai sepeda motor di jalan sempit adalah momok menakutkan terlebih saat berpapasan dengan mobil di depan. Salah perhitungan bisa fatal akibatnya.

Ketika kita terjebak dalam kondisi seperti itu ada baiknya jangan panik. Pengendara motor harus lebih santai dan memperhatikan kondisi di sekitar.

Mengutip situs resmi Wahana Honda, ada beberapa trik yang bisa dilakukan pengendara saat memasuki jalan sempit.

Melintas di jalan sempit upayakan selalu berada di jalur kiri. Cara ini bisa membuat pengendara tetap aman terutama saat menghadapi tikungan.

Perlu diketahui kendaraan besar seperti mobil, bus, dan truk akan sedikit keluar jalurnya (sisi kiri) saat melalui tikungan. Untuk menghindari mobil-mobil besar tersebut, pengendara motor tetap berada di jalur kiri menjadi cara agar tetap aman.

Pengendara juga disarankan untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan terlebih jalur yang dihadapi jalan menanjak, menurun, serta berkelok-kelok.

Teknik ini membuat ruang pengereman lebih panjang. Ini juga bisa menjadi cara mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada pengereman mendadak.

Jaga sistem rem tetap dingin

Jika kita melewati jalan sempit berkelok dan memiliki banyak tanjakan, serta turunan ada baiknya berhenti sejenak untuk mendinginkan sistem rem. Pada beberapa kasus yang terjadi, kampas rem panas sehingga pengereman terganggu dan terjadi rem blong.

Untuk itu berhentilah sejenak untuk mendinginkan sistem pengereman sepeda motor. Kenali kemampuan sepeda motor. Berhenti sejenak juga bisa mengistirahatkan badan usai lelah perjalanan.

Batasi Kecepatan

Walau jalur pedesaan dan perkampungan sering sepi, tapi kita wajib menjaga kecepatan setidaknya 40-50 km per jam. Perlu dipahami, semakin cepat kendaraan, semakin sulit juga untuk dikendalikan yang ujungnya berpotensi kecelakaan.

Hindari berkendara malam Hari

Di saat malam hari jarak pandang kita menjadi terbatas terlebih jika penerangan jalan minim. Jika terpaksa melewatinya pada malam hari, sebaiknya lakukan secara berkelompok. Selain faktor keamanan, dengan cara berkelompok kita akan mendapatkan penerangan lebih dari sepeda motor lain.

Sumber / Foto : cnn.indonesia.com (ryh/mik)





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster