Akibat Hujan di Palembang, Belasan Pohon dan 1 Tower Tumbang

 239 total views,  11 views today

PALEMBANG | KSOL Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kota Palembang dan sekitarnya kemarin sore. Tercatat ada belasan pohon tumbang serta menimpa kendaraan.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) ada 15 pohon tumbang. Pohon tumbang itu bahkan ada yang menimpa kendaraan.

“Kejadian pohon tumbang itu diakibatkan angin kencang dan curah hujan tinggi. 16 pohon tumbang dan satu tower radio ikut roboh,” ucap Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, pada detikcom, Jumat (27/12/2020).



Sejumlah kendaraan yang sedang diparkir dan melintas pun ada yang tertimpa pohon tumbang. Salah satunya terjadi di Jl M Isa.

“Parkiran PSCC atau Mall Palembang Icon pun ada pohon tumbang. Termasuk depan kantor Camat Ilir Timur I Palembang,” kata Ansori.

“Kami imbau masyarakat untuk tidak lagi berteduh atau parkir di bawah pohon yang sudah rentan dan rawan roboh. Terutama dalam kondisi cuaca yang saat ini musim hujan,” katanya.

Sementara itu Humas Pemkot Palembang, Amiruddin Sandi, mengatakan pihaknya segera melakukan pengecekan titik rawan. Termasuk titik rawan pohon tumbang saat hujan deras dan angin kencang.

“Kalau kami catat ada 14 titik rawan pohon tumbang. Semalam setelah pohon-pohon tumbang sudah langsung dibersihkan dan hari ini sampai ke depan Dinas PUPR sudah diminta melakukan pembersihan,” katanya.

Salah satu pembersihan yakni dengan melakukan pemotongan dahan-dahan rawan. Termasuk ranting yang sudah mati dan rentan patah menimpa pengendara.

“Kota kita ini banyak pohon tua yang juga rentan dan akan kita pangkas supaya tak menimpa kendaraan mengganggu aktivitas masyarakat,” katanya.

Berikut data daerah-daerah yang terjadi pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin kencang dan hujan lebat, Kamis (26/12):

  1. Jalan Makrayu 30 Ilir Kec. Ilir Barat II.
  2. Jalan Baliton, Puncak Sekuning.
  3. Jalan Talang Kerangga 32 Ilir Ilir Barat II.
  4. Jalan Panca Usaha Seberang Ulu I.
  5. Jalan Veteran Ilir Timur II.
  6. Jalan Anwar Sastro (Tower Roboh).
  7. Jalan Jaksa Agung Suprapto Ilir Barat I.
  8. Jalan Basuki Rahmad RS Hermina
    9 Jalan Tanjung Api-api (arah bandara depan TIKI) Sukarami.
  9. Jalan A. Yani Depan Gloria Seberang Ulu II.
  10. Pasar Palimo Belakang RS Mata.
  11. Jalan Soak Sukawinatan, Sukarami.
  12. Jalan PDAM Ilir Barat I.
  13. Parkiran PSCC/Mall Palembang Icon.
  14. Jalan Kartini, Talang Semut.
  15. Jalan Kamboja 20 Ilir arah TPU dan depan kantor amat Ilir Timur I.

Sumber : Detik.com/ ras/jbr





Web development by oktopweb.com