Laporkan Hakim Melanggar Kode Etik, Tapi Takut Ditolak (Kolom PKY Edisi Desember 2019)

 186 total views,  3 views today

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada : Penghubung Komisi Yudisial Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan melalui email: penghubungky@gmail.com. Respon akan dimuat setiap 2 pekan.   


Pertanyaan Masyarakat:

  • Sudah 2 minggu kami melaporkan pelanggaran kode etik hakim, lalu bagaimana proses penanganannya karena kami masih was-was akan ditolak padahal bukti lengkap.
  • Pengirim : Kartika di Indralaya. Tikaisma@gmail.com

Respon:

Tata cara penanganan laporan masyarakat akan dilakukan secara transparan, cepat, tepat, cermat, tuntas, dan dapat dipertanggungjawabkan dengan tidak mengurangi hak-hak pelapor. Namun tentu semua ada tahapannya, mulai dari verifikasi, anotasi, investigasi, pemeriksaan, hingga sidang panel/pleno komisioner. Intinya KY menjamin hak pelapor untuk mendapatkan pelayanan informasi melalui telepon/email/surat atas perkembangan dan hasil akhir penanganan laporan, termasuk petikan keputusan sidang pleno komisioner KY atas dugaan pelanggaran kode etik hakim.

Pertanyaan Masyarakat:

  • Anggota keluarga kami sedang ada masalah hukum dan saat ini menjalani pemeriksaan di Pengadilan sudah 3 kali. Sebagai keluarga kami sudah berusaha keras melakukan berbagai upaya agar anggota keluarga kami bebas murni. Bisakah KY monitor sidang perkara keluarga kami. Terima kasih.
  • Pengiirim : Julian di Banyuasin. Juli@gmail.com

Respon:

KYRI pasti akan merespon permintaan pemantauan dari masyarakat, namun perlu dibantu dengan dituliskannya identitas pemohon, nomor perkara, majelis hakim, tanggal sidang beserta agendanya, kronologis perkara, dan dasar permintaan pemantaun ke KYRI. Semua itu dapat dibubuhkan pada form permintaan pemantauan yang sudah disiapkan. Silahkan hubungi hotline PKY Sumsel di 07115734945 untuk informasi lebih jelas.

Pertanyaan Masyarakat:

  • KY kami mau melaporkan hakim yang ada buktinya kami ketahui menerima hadiah jalan-jalan ke luar kota. Bagaimana cara melaporkannya.
  • Pengirim : Siswandi di Jejawi. Wandi123@yahoo.com


Respon:

Silahkan menyiapkan dan membawa foto copy KTP atau kartu identitas lainnya, menyiapkan nama hakim yang akan dilaporkan, dan kronologis indikasi pelanggaran kode etik hakim dalam bentuk menerima hadiah dari para pihak. Selengkapnya silahkan langsung datang ke kantor milik kita bersama di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas, Blok kiri/Depan Kodam II Sriwijaya) telpon 0711-5734945.

Pertanyaan Masyarakat:

  • KY di Pengadilan daerah kami lebih banyak mafianya dan dengan bebas dapat bertemu hakim di rumah dinasnya. Totok Wijaya di Banyuasin. Totokwiji@gmail.com

Respon:

KYRI sangat mengharapkan saudara berkenan menjadi agen pengawal peradilan yang terus memberikan informasi terkait yang saudara sampaikan. Sebaiknya jika menemukan ada pertemuan antara para pihak berperkara dengan hakim baik di rumah dinas maupun fasilitas publik lainnya (cth: RM, café, dll) segera dokumentasikan dan dapat segera disampaikan ke KYRI melalui kantor Penghubung KY Sumsel di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) atau segera hubungi kami di nomor telpon 0711-5734945

Pertanyaan Masyarakat:

  • Melaporkan ke KY tentang pelanggaran hakim tidak menjadi masalah buat kami, namun apakah di pungut bayaran yang memberatkan?.
  • Pengirim : Yanto di Betung. Yantoijal@yahoo.co.id

Respon:

Segala bentuk layanan di Kantor KYRI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia TIDAK MEMUNGUT BAYARAN SEPESERPUN alias GRATIS. Jika terdapat praktik bayar membayar silahkan sampaikan, laporkan, dan bahkan melayangkan surat terbuka.

Pertanyaan Masyarakat:  

  • Kapan KY Sumsel akan menggelar kegiatan di daerah kami karena kami siap membantu untuk pencerdasan hukum.
  • Pengirim : Arif Fatur di Indralaya. arifco@yahoo.com

Respon:

PKY Sumsel sedang mempersiapkan rancangan kegiatan ke daerah-daerah dan salah satunya dialog dengan masyarakat. Mudah-mudahan kita bisa laksanakan di Indralaya guna memberikan pencerdasan hukum dan peradilan untuk masyarakat, utamanya tentang kode etik dan pedoman perilaku hakim, serta peran masyarakat dalam mengawal peradilan. Kami harapkan juga jika bapak berkunjung ke Palembang untuk mampir ke kantor milik kita bersama di Jalan Jenderal Sudirman KM 2,5 Nomor 7490 (Gedung Baznas Blok kiri, Depan Kodam II Sriwijaya) atau segera hubungi kami di nomor telpon 0711-5734945.**





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster