Malam Ini, 8 Seniman Sumsel Bakal dapat Anugerah Batanghari 9, Wagub Sumsel Siap Hadir

 844 total views,  2 views today

PALEMBANG  I KSOL – Sebagai salah satu bentuk apresiasi Pemprov Sumatera Selatan terhadap seniman, para pegiat dan pelestari seni di Sumsel, malam ini Pemprov dan Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) menggelar Malam Anugerah Batanghari Sembilan.

Acara yang dikemas dalam Refleksi Seni 2019 ini rencananya akan dihadiri Ir H Mawardi Yahya, Wakil Gubernur Sumsel, sekaligus menyerahkan penghargaan kepada 8 seniman, para pegiat dan pelestari seni di Sumsel.

Surono, Sekretaris DKSS menyebutkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan DKSS bersama Pemprov Sumsel, sebagai bentuk apreasasi terhadap kinerja kreatif dan karya para seniman di Sumatera Selatan.


Baco Jugo Berita Lainnyo :


Selain itu, melalui kegiatan ini menurut Surono menjadi catatan episode bagi perjalanan karya bagi para seniman, pegiat dan pelestari seni di Sumsel, juga sebagai pijakan sejarah bagi generasi selanjutnya untuk melakukan karya seni lainnya, sesuai mintanya masing-masing.

Berdasar dari kiat kerja kreatif  para seniman, pegiat dan pelestari seni yang sudah selama puluhan tahun dilakukan di  Sumsel, menurut Surono even ini sebagai salah satu bentuk penghargaan, yang nantinya dapat memberi motivasi dan memacu seniman lain untuk berkarya secara konsisten.

Surono menyebutkan, diantara para seniman yang malam ini akan mendapat penghargaan, ada 8 seniman, terdiri dari  Seni Teater, Tari, Rupa, Musik, Audiovisual dan Sastra, ditambah anugerah bagi pelestari dan pelaku seni budaya yang secara konsisten mendedikasikan diri untuk tetap mengabdi pada kerja-kerja seni budaya di Sumsel.

Sehubungan dengan itu, Surono mengajak dan mengundang kepada para seniman Sumsel, dimanapun domisilinya agar dapat hadir malam ini di Hotel Swarna Dwipa Palembang, guna mengikuti malam Refleski Seni 2019 sekaligus Anugerah Batanghari Sembilan bagi para seniman, pukul 19.00 sampai selesai.

“Undangan ini terbuka untuk  umum, khususnya bagi para seniman diharapkan dapat hadir pada acara ini, sebagai saksi sejarah perjalanan para seniman yang mendapat penghargaan, ujarnya, Senin (09/12/2019).

Menangapi acara ini, Suterisno, salah satu pegiat Teater di Palembang menilai, anugerah seni bagi seniman hanya secuil dari bentuk empatik dari lembaga pemerintah Sumsel. Hal ini menurutnya sudah baik. Namun di masa mendatang bentuk penghargaan bukan hanya dalam piagam dan bantuan dana pembinaan.

Namun menurut Yosep—panggilan akrab Suterisno–lebih dari itu perlu adanya maksimalisasi pemenuhan sarana dan prasarana bagi para seniman. Ruang-ruang untuk berkumpul dan berlatih bersama, pentas bersama, menurut Yosep ke depan masih perlu ditingkatkan.

“Penghargaan itu penting, selain sebagai motivasi agar terus berkarya, juga sebagai cermin bagi para pegiat seni lainnya. Namun, pemenuhan fasilitas bagi seniman juga menjadi hal penting dan harus menjadi perhatian pemerintah. Ruang latihan, diskusi dan lainnya masih perlu ditingkatkan dari berbagai sisi,” tambahnya.

Panitia Harus Jemput Bola

Menurut Yosep, di masa mendatang lembaga apapun yang akan memberi anugerah seni, seharusnya tim seleksi menjemput bola ke sejumlah seniman yang akan menjadi nominator, bukan seniman yang mengajukan sendiri. Sebab bila ini yang terjadi, ada kesan tidak etis bila seniman yang menyodorkan data atau porto polionya sendiri.

Proses jemput bola harus dilakukan untuk melakukan ferivikasi karya, konsistensi dalam proses berkesenian sekaligus melihat karya-karya yang sudah diproduksi, sesuai bidangnya masing-masing.

Tujuannya menurut Yosep, dengan menjemput bola, tim seleksi atau penitia akan lebih akurat dan faktual dalam menetapkan seniman yang layak dan tidak menjadi penerima penghargaan**

—————————————————————

Susunan Acara Refleksi Seni 2019 & Anugerah Batanghari Sembilan
Senin, 9 Desember 2019, Hotel Swarna Dwipa Pukul. 19.00 sd. Selesai.

  • Pembukaan
  • Doa Penutup
  • Acara hiburan
  • Kolaborasi drama bangsawan
  • 10 finalis Suara Pesona Bintang Sumsel 2019
  • Acara resmi dipandu oleh MC Dina Tanjung
  • Sambutan-Sambutan
  • Ketua Dewan Kesenian Sumsel, R H Syahril Erwin
  • Pengumuman Pemerintah Daerah yang memperoleh anugerah seni dari Dewan Kesenian Sumsel yaitu Pemerintah Kota Prabumulih & Pemerintah Kabupaten Banyuasin
  • Pengumuman pemenang SPBSS
  • Pengumuman penerima Anugerah Batanghari Sembilan.
  • Penyerahan hadiah dari Wakil Gubernur Sumsel
  • Orasi Budaya : Gubernur Sumsel sekaligus menutup acara.




Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster