Kemenag RI Usulkan Biaya Haji 2020 Rp 35 Juta, Sama dengan Sebelumnya

 409 total views,  2 views today

JAKARTA I KSOL – Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan biaya ibadah penyelenggaraan haji (BPIH) untuk 2020 ke DPR. Menteri Agama (menag) Fachrul Razi mengungkapkan besaran BPIH yang diusulkan sebesar Rp 35 juta.

Dia menuturkan biaya tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan biaya haji tahun ini. Lebih lanjut dia menjelaskan, besaran biaya tersebut meliputi beberapa komponen.

“Biaya penerbangan ke Arab Saudi 28 juta, sedangkan yang lalu 29 juta berarti lebih kecil. Living cost sama besar 5.680.005 juta, untuk visa ini tambahan baru sebesar 1.136.000 tapi kita masih negoisasi dengan pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.

Fachrul Razi mengatakan, jika nantinya dalam proses negosiasi berhasil, maka kemungkinan biaya visa akan lebih murah, bahkan bisa hilang.

“Meskipun secara rata-rata besaran BPIH 1441 H sebesar 35 juta sama dengan rata-rata besaran BPIH tahun 1440, namun sejatinya dalam komponen tersebut terjadi kenaikan biaya yaitu kenaikan biaya penerbangan dan biaya visa, tapi biaya visa jadi catatan, mudah-mudahan tidak jadi,” ucapnya.

Dalam rapat kali ini Komisi VIII sepakat untuk membentuk panitia kerja (panja) ibadah haji. Komisi VIII berharap DPR dan pemerintah bisa segera memulai pembahasan ibadah haji dalam rapat panja.

TEKS/FOTO : ROL (Febrianto Adi Saputro)





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster