Tambah Penghasilan Ibu Rumah Tangga, LSM SIKAP Indonesia Gelar Pelatihan Pengelolahan Sampah

 620 total views,  2 views today

OKU | KSOL – Dewan Pengurus Pusat (DPP)  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Suara Independent Kesatuan Aksi Peduli Indonesia (SIKAP Indonesia ) bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT). Tujuanya untuk pemanfaatan pekarangan rumah dengan teknologi sederhana dan tepat guna. Acara dilaksanakan di kantor sekretariat Jalan Lubuk Hidung Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, Senin (25/11/2019).

Pembukaan pelatihan dibuka Bupati Ogan Komering Ulu, diwakili kepala Kesbangpol OKU, Taufik SH MM melalui Kabid Bidang Ideologi dan Perekonomian, Halim SE. Acar ini dihadiri Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman, Kadus Dusun Satu Achamadi Saleh SE, anggota BPD Nasril Effendi, Ulamah, dan tokoh masyarakat.

Ketua LSM SIKAP Indonesia, Susanto, SH mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menyosialisasikan cara mengelola sampah rumah tangga guna pemanfaatan pekarangan rumah dengan tekhnologi sederhana dan tepat guna yang dapat dijadikan pupuk.

Foto Bersama, peserta dan para narasumber Pelatihan Pengolahan Sampah, yang di gelar LSM SIKAP Indonesia

Menurut Susanto, melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Sebab dengan pengetahuan yang didapat, ternyata sampah yang selama ini dianggap tidak berguna dan selalu dikeluhkan sejumlah warga ternyata bisa dimanfaatkan.

Caranya diolah menggunakan metode yang sederhana, baik sampah organik maupun sampah non organik. “Sampah jika dikelola dengan baik, bisa menjadi usaha, bahkan menjadi penghasilan bagi ibu rumah rangga,” tegasnya.

Santo menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bentuk kemitraan antara LSM SIKAP Indonesia dalam turut mendukung program Adipura Pemerintah Kabupaten OKU.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman menyampaikan Pemerintah Desa Tanjung Baru sangat mendukung program yang digeLSM SIKAP Indonesia.

Menurut Amin, kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Desa Tanjung Baru dan Pemerintah Kabupaten OKU. Hartapan Amin, semoga dari kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat dalam menjaga lingkungan menjadi bersih dan menciptakan pola hidup sehat serta dapat menambah penghasilan tambahan dalam rumah tangga.

Kepala  Kesbangpol OKU, Taufik SH MM melalui  Kabid Bidang Ideologi dan Perekonomian, Halim SE, mengatakan kegiatan yang digelar LSM SIKAP Indonesia merupakan wujud peran aktif warga, dan bentuk sumbangsih positif kepada masyarakat yang merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan pemberdayaan sumberdaya manusia. 

Lebih lanjut Halim mengatakan, Pemerintah Kabupaten OKU akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan Ormas dan LSM.

Salah satu narasumber pelatihan, Gatot Arifianto  yang berasal dari Provinsi Lampung, berharap melalui pengetahuan ini agar bermanfaat bagi peserta dan dapat diterapkan di lingkungan rumah tangganya.

Kegiatan ini yang diikuti 48 peserta berasal dari berbagai kelurahan dan desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini berlangsung satu hari penuh.

Setelah penyampaian secara teori, dilanjutkan tanya jawab dan praktek cara pengelolaan sampah tersebut. Di akhir acara langsung pembagian alat alat Mini Komposter dan alat Bio Aktivat.

TEKS / FOTO : RELEASE IMO Indonesia Sumsel.





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster