Dilarang Minum Kopi diatas Jam 2 siang

KSOL – Menyeruput secangkir kopi di pagi hari seakan sudah menjadi ritula bagi beberapa orang. Apakah kamu termasuk orang yang rutin minum kopi saat menyongsong hari?

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang menyehatkan, apabila tahu cara minum kopi yang tepat. Kopi merupakan minuman yang kaya dengan molekul antioksidan.

Selain itu, beberapa penelitian juga membuktikan manfaat minum kopi, dalam melawan beragam penyakit. Namun terlalu banyak minum kopi, atau meminumnya di waktu yang salah, akan membawa dampak negatif pada tubuh.

Karenanya kita perlu mengetahui cara minum kopi yang sehat, termasuk memperhatikan jam minum kopi, jumlah cangkir, hingga bahan alami yang bisa ditambahkan. Selain, perhatikan pula pemanis yang kamu campurkan setiap menyeruput kopi.

Berikut cara minum kopi, agar menjadi aktivitas yang lebih menyehatkan:

Hindari minum kopi setelah jam 2 siang

Ajakan nongkrong di kedai kopi terdekat oleh teman-teman saat sore hari, mungkin sulit untuk ditolak. Hanya saja, kita disarankan untuk tidak minum kopi setelah jam 2 siang.

Walau kafeina dapat berperan sebagai stimulan otak, meminumnya setelah jam 2 siang dapat mengganggu tidur di malam hari, karena kafein dapat membuat kita terjaga selama berjam-jam.

Efek ini harus menjadi perhatian, terlebih jika kamu kerap melewati malam-malam sulit tidur. Sebagai alternatif, cobalah untuk mengonsumsi minuman dengan kandungan kafeina yang lebih sedikit, jika membutuhkan stimulan di atas jam 2 siang. Teh hijau, dapat menjadi minuman alternatif untuk menenangkan pikiran.

Tidak meminumnya terlalu banyak

Sebagai pecinta kopi, kita tentu sudah memahami khasiat minuman ini dalam meningkatkan mood dan daya kerja. Namun, walau menyehatkan, kita tetap harus memperhatikan jumlah kopi yang dikonsumsi.

Hasil riset beberapa waktu lalu, yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition merekomendasikan, enam cangkir kopi merupakan jumlah maksimal dalam satu hari.

Kurangi atau hindari gula sebagai pemanis

Bagi sebagian orang, cara minum kopi tanpa mencampurkan beberapa sendok gula sangat sulit dilakukan.

Padahal konsumsi gula sudah seharusnya kita batasi, karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Terlebih saat ini, di mana banyak sekali minuman bergula yang kian menjamur.

Kopi jelas lebih sehat diminum tanpa gula. Kamu sekaligus bisa merasakan flavour kopi sesungguhnya, tanpa gula dan susu.

Taburkan sedikit bubuk jahe Jahe merupakan bumbu masak yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Selain sering ditambahkan ke dalam segelas teh, jahe juga bisa dimasukkan ke dalam secangkir kopi. Jahe mengandung molekul antioksidan dan senyawa antiradang, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, rempah ini juga memiliki popularitas untuk mengatasi mual, menurunkan kolesterol, dan meringankan masalah pencernaan. Caranya juga sangat mudah. Cukup menaburkan kurang dari 1 sendok teh bubuk jahe, ke dalam secangkir kopi.

TEKS : KOMPAS I FOTO : shutterstock




Web development by oktopweb.com