Titik Api Terdeteksi di Sumsel, Palembang Diselimuti Asap

13 total views, 3 views today

PALEMBANG I KSOL — BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang mencatat sejumlah titik api masih terdeteksi di Sumatera Selatan (Sumsel). Kabut asap pun diprediksi bakal menyelimuti Palembang beberapa hari ke depan.

“Berdasarkan sumber dari Lapan untuk 9 Oktober 2019, tercatat beberapa titik panas di wilayah sebelah tenggara Kota Palembang dengan tingkat kepercayaan di atas 80%. Hal ini berkontribusi asap ke wilayah Palembang,” kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun SMB II Kota Palembang, Bambang Beni, kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

Titik api tersebut berada di Banyuasin 1, Tulung Selapan, dan Mesuji. Kabut asap disebut terjadi pada pagi hari pukul 04.00-07.00 WIB dan sore hari pukul 16.00-20.00 WIB.

Kabut asap disebut bakal mengganggu jarak pandang dan pernapasan. Kabut asap diprediksi memburuk jika cuaca lembap.

“Hal ini berpotensi memburuk jika adanya campuran kelembapan yang tinggi. Sehingga membentuk fenomena kabut asap yang umumnya terjadi pada pagi hari,” ucapnya.

BMKG menyebut jarak pandang di Palembang hari ini berada di angka 50-400 meter. BMKG memprediksi akan terjadi hujan 3 hari ke depan.

“Ini dikarenakan kelembapan udara lapisan atas cukup memadai untuk pertumbuhan awan. Biasanya hujan yang terjadi berlangsung sebentar, sporadis, dan berpotensi petir disertai angin kencang,” katanya.

Baca juga: KLHK: 85 Persen Karhutla Terjadi di Perkebunan
Masyarakat diimbau menggunakan masker. BMKG juga menyarankan warga berhati-hati dalam berkendara karena masalah jarak pandang.

“BMKG Sumsel mengimbau masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker serta berhati-hati dalam bertransportasi karena menurunnya jarak pandang. Tetap mengimbau untuk tidak melakukan pembakaran, baik itu sampah rumah tangga maupun dalam pembukaan lahan pertanian,” tutupnya.

TEKS / FOTO : DETIK.COM (ras/haf)





Web development by oktopweb.com