Pemkab OKI Akan Bangun Exit Tol di Jalan Tol Lampung-Palembang

 724 total views,  3 views today

KAYUAGUNG I KSOL — Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Iskandar, memastikan kontraktor akan membangun exit tol sepanjang 17 KM pada ruas tol Pematang Panggang-Kayu Agung. Namun, proses pembangunannya akan dilakukan setelah jalan tol trans Sumatera pada ruas Terbanggi Besar-Palembang diresmikan oleh presiden Jokowi bulan depan.

Penambahan exit tol di wilayah Kabupaten OKI, diyakini akan mampu membuka gerbang ekonomi desa berbasis beras, karet, sawit. “Di wilayah Lempuing, Mesuji dan sekitarnya adalah sentra pertanian dan perkebunan,” katanya, Senin, 23 September 2019.

Iskandar menjelaskan, sektor yang dapat terdampak ekonominya dari pengembangan exit tol Trans Sumatera ialah sektor pertanian, perkebunan dan ekonomi rakyat baik di Kecamatan Mesuji, dan Kecamatan Lempuing maupun wilayah sekitarnya.

Menurut Iskandar, daerah yang dilalui jalan tol harus bisa mendapatkan manfaat. Terlebih adanya tol, maka perekonomian daerah yang terlalui akan menurun karena para pengendara tidak lagi melewati atau bisa mampir di daerah mereka.

Sementara itu Kepala BBPJN V Palembang Kiagus Syaiful Anwar menjelaskan, setelah usul penambahan Exit tol disetujui Kementerian PUPR, Pemkab OKI bersama BBPJN V terus melakukan upaya percepatan realisasi. Semula akhir Desember dijadwalkan sudah proses tender namun sebelum itu Pemkab harus menyelesaikan Feasibility Study (FS) dan DED serta kesediaan lahan.

Exit tol yang rencananya berlokasi di sekitar Mesuji ini, memiliki lebar panjang 17 KM, lebar jalan 6 meter, bahu jalan sekitar 1,5 M ditambah saluran 1 meter. “Jadi exit tol itu akan terhubung ke Lintas Timur, 11 km oleh Pemkab OKI dan sisanya Pemprov,” kata Kiagus.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru memastikan tol Lampung-Palembang tak lama lagi bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Saat ini, jalan tol Trans Sumatera, dari Bakauheni (Lampung) menuju Palembang sejauh 365 kilometer sudah resmi tersambung.

Gubernur memperkirakan, Presiden Jokowi akan meresmikan jalan tol Terbanggi Besar-Palembang pada awal Oktober, bersamaan dengan akan beroperasinya ruas tol Kayuagung-Palembang.

TEKS : TEMPO.CO/PARLIZA HENDRAWAN I FOTO : NET





Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster