Akan Digugat Caleg yang Digantikan Mulan, Gerindra: Kami Patuh Hukum

JAKARTA I KSOL — Empat caleg Partai Gerindra mengaku akan menggugat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Gugatan tersebut merupakan buntut dari keputusan Gerindra mengganti empat caleg tersebut sebagaimana putusan KPU.

DPP Gerindra menyebut keputusan mengganti empat caleg dilakukan berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Gerindra mempersilakan jika empat caleg yang diganti menggugat ke PTUN.

“DPP hanya melaksanakan putusan PN Jakarta Selatan Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN.Jkt.Sel. Kalau ada yang tidak puas dan melayangkan gugatan, ya silakan saja, itu hak setiap warga negara,” kata Ketua DPP Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Sabtu (21/9/2019).


BACA JUGA : MULAN JAMEELA CS DITETAPKAN JADI ANGGOTA DPR, INI PENJELASAN GERINDRA

Seperti diketahui, KPU memutuskan untuk menetapkan sejumlah caleg Gerindra menjadi anggota DPR terpilih. Berikut ini rinciannya:

  1. Mulan Jameela (Dapil Jabar XI): menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi
  2. Katherine (Dapil Kalbar I): menggantikan Yusid Toyib
  3. Yan Parmenas Mandenas (Dapil Papua): menggantikan Steven Abraham
  4. Sugiono (Dapil Jateng I): menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo

Penggantian caleg Gerindra ini dilakukan setelah PN Jaksel mengabulkan gugatan perdata Mulan Jameela dan 8 caleg Gerindra.

Majelis hakim PN Jaksel menyatakan tergugat I dan II dalam hal ini Dewan Pembina dan DPP Partai Gerindra berhak melakukan langkah administrasi internal yang dianggap dituntut oleh para penggugat (Mulan Jameela cs) guna memastikan penetapan para penggugat sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan masing-masing. Hakim juga memerintahkan kepada para penggugat untuk turut dan patuh pada putusan perkara ini.

“Satu, mengabulkan gugatan para penggugat. Dua, menyatakan tergugat I dan tergugat II berhak untuk menetapkan para penggugat sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan masing-masing,” kata Ketua Majelis Hakim, Zulkifli, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

TEKS/FOTO : DETIK.COM (zak/fai)





One thought on “Akan Digugat Caleg yang Digantikan Mulan, Gerindra: Kami Patuh Hukum

    Comments are closed.

    Web development by oktopweb.com