Kabut Asap Tebal, Sekolah di Palembang Diliburkan

PALEMBANG I KSOL — Kabut asap sisa kebakaran lahan menyelimuti Kota Palembang hari ini. Akibatnya, semua sekolah diliburkan untuk 3 hari ke depan.

“Hari ini libur sekolah selama 3 hari. Jadi hari Kamis besok baru masuk lagi,” kata siswi di SMP 9 Kota Palembang, Adinda, saat ditemui detikcom di sekolah, Senin (23/9/2019).

Dinda baru tahu libur setelah tiba di sekolah pagi ini. Bahkan, dia mengaku jadwal sekolah pun sudah beberapa kali diundur akibat kabut asap.
“Baru tahu tadi pas sampai sekolah dan ada pengumuman. Semua sekolah yang masuk pagi dan siang libur karena kabut asap,” katanya.

“Biasanya masuk pukul 06.40 WIB, sudah seminggu masuk pukul 08.00 WIB akibat asap. Hari ini malah diliburkan semua,” kata siswi kelas VII tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Palembang, Zulinto, mengatakan mulai dari Paud, TK, SD dan SMP libur karena kabut asap tebal.

“Setelah berkoordinasi sama Dinkes dan DLHK, sekolah kami liburkan selama tiga hari (23-25 September). Jika kondisinya masih berbahaya nanti kami akan tambah lagi hari liburnya,” kata Zulinto.

Zulinto menyebut siswa SD dan SMP dinilai sangat rentan terkena penyakit jika menghirup udara yang tidak sehat. Sebab itulah sekolah diliburkan dan dianjurkan mengurangi aktifitas di luar rumah.

“Upaya ini diambil untuk menyelamatkan warga sekolah, seperti siswa dan guru di Palembang. Jangan sampai mereka jadi sakit,” katanya.

TEKS/FOTO : DETIK.COM (ras/aan)




Web development by oktopweb.com