Deretan Fitur Canggih WhatsApp untuk Mendukung Pelaku Usaha Kecil

Tahukah anda bahwa pengguna WhatsApp di seluruh dunia kini sudah tembus 1,3 miliar pengguna aktif per bulannya?

Aplikasi perpesanan milik Facebook ini pun seperti tak pernah kehabisan ide. Mereka meluncurkan aplikasi WhatsApp for Business yang dirancang supaya aplikasi ini bisa digunakan untuk mendukung bisnis kecil dan menengah.

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store di AS, Inggris, Italia, Indonesia, dan Meksiko serta menyusul kemudian tersedia di India. WhatsApp for Business juga bisa diunduh secara gratis.

Akan tetapi ada informasi bahwa WhatsApp berniat untuk memonetisasinya dengan biaya berlangganan atau iklan nantinya.

Unduh WhatsApp for Business di sini

Berdasarkan rilis statista, India menyumbang 16% dari basis pengguna WhatsApp.

WhatsApp mengklaim, 80% bisnis kecil di India dan Brasil sudah menggunakan aplikasi ini untuk terhubung dengan pelanggan mereka dan memperluas bisnis mereka.

Adapun aplikasi WhatsApp for Business, memiliki perbedaan dari sisi antarmuka dan penambahan fitur baru yang memungkinkan bisnis kecil mengisi rincian informasi bisnis mereka.

Tersedia juga fitur untuk mendukung pelaku usaha lebih responsif terhadap pelanggan mereka. Secara praktis, pengguna bisa mengisi kolom profil bisnis dengan informasi yang lebih rinci tentang apa bisnis mereka dan juga produk yang mereka jual.

Juga terdapat kolom khusus untuk alamat, situs web dan nomor kontak, sehingga pelanggan dapat menghubungi mereka melalui pesan atau panggilan.

Fasilitas lainnya yakni berupa fitur pesan pintar yang bisa digunakan untuk membalas pesan secara cepat dan otomatis terutama untuk pertanyaan yang paling sering diajukan.

Sehingga ini akan memungkinkan mereka untuk menjawab pertanyaan dari banyak pengguna dalam waktu yang lebih singkat. Aplikasi ini juga dapat membuat pesan berupa pengumuman penawaran atau penawaran khusus selama periode promo.

Jika pemilik bisnis tidak dapat menjawab permintaan pelanggan karena beberapa keadaan darurat atau beban kerja tambahan, aplikasi memberikan mereka pilihan untuk mengirim pesan secara otomatis, sehingga pelanggan tidak akan merasa diabaikan.

Selain itu, ada fitur statistik yang dapat membantu pengguna untuk mengidentifikasi pesan mana yang mendapatkan respon lebih banyak. Kabar baiknya, ke depan WhatsApp juga akan menyediakan sistem pembayaran secara langsung melalui aplikasi tersebut.

Sehingga pelanggan dapat membayar melalui aplikasi ini dan uang akan langsung dikirim ke rekening bank mereka. (*)

SUMBER : KOPNAS RI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com