Dinas Pariwisata Kota Pagaralam Gelar Pelatihan Pramuwisata

PAGARALAM, KSOL–Sebagai upaya pengenalan dan pengembangan dunia kepariwisataan di Bumi Besemah, jajaran Pemerintah Kota Pagaralam, melalui Dinas Pariwisata setempat menggelar pelatihan Pramuwisata (Guide) Kota Pagaralam tahun 2019.

Kegiatan berjalan baik dan lancar, dibuka langsung oleh Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam, Drs Samsul Bahri Burlian MSi, di ruang pertemuan penginapan Legenda, Jalan Gunung Dempo Kota Pagaralam, Kamis (5/9/2019).

Pj Sekda Drs Samsul Bahri Burlian M.Si pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan pelatihan guide dilakukan guna menambah wawasan sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan dalam pengelolaan suatu produk wisata.

Pj Sekda Drs Samsul Bahri Burlian M.Si

Sehingga nantinya apa yang diharapkan pada pengembangan dunia kepariwisataan khususnya para ahli bahasa yang didominasi Bahasa Inggris ini dapat memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Pagaralam hingga terwujudnya rasa aman dan nyaman.

“Ya, kita berharap agar wisatawan khususnya mancanegara yang berkunjung nantinya bisa berkomunikasi dengan baik hingga terwujudnya rasa nyaman, sopan santun dan terpenting adalah tata krama.

Termasuk pula destinasi yang dilakukan tentunya tak bertentangan dengan kondisi baik secara demokratif, geografis maupun keagamaan,” ujarnya.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Pariwisata setempat, Brilian, sejauh ini ada beberapa objek wisata yang tengah diupayakan dalam mendukung dunia kepariwisataan di Pagaralam ini dan nantinya destinasi tersebut baik itu wisata alamnya maupun budayanya akan dikemas kedalam paroduk wisata. Termasuk tidak kalah pentingnya ialah peranan pemandu wisata dalam menjalankan fungsinya dalam memandu wisatawan yang berkunjung.

“Melalui peranan guide inilah pengenalan dunia kepariwisataan dapat secara langsung dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Pagaralam. Pengembangan wisata bukan merupakan harapan utama pemerintah kota, provinsi maupun pusat, tapi hal itu diupayakan agar masyarakat setempat dalam menumbuhkembangkan tempat wisata sekitar dapat memiliki sifat yang ramah, sopan santun dalam bertutur kata hingga terwujudlah rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung,” sambungnya seraya berharap agar wisatawan yang berkunjung dapat semakin betah hingga berlama-lama di tempat wisata tersebut.

Kendati demikian kata Brilian, diharapkan melalui kegiatan pelatihan pramuwisata Kota Pagaralam tahun 2019 ini, para peserta dapat semakin mantap lagi dalam menambah wawasannya di dunia kepariwisataan. “Semoga saja kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar tanpa mengalami suatu kendala yang berarti,” harapnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan ini berjalan baik dan lancar dengan dihadiri oleh Pj Sekda, Drs Samsul Bahri Burlian MSi, Plt Kadin Pariwisata Brilian SE, Kadin Kominfo Drs Jhon Foster MPd, Plt Kasat Pol PP Mastullah SPd MSi, Camat Pagaralam Selatan Heri Tasti, Lurah dan undangan lainnya.

Teks : Antoni Stefen




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com