Wawako Pagaralam : Tingkatkan Etika dan Disiplin Profesi Perawat

82 total views, 3 views today

PAGARALAM,  KSOL–Upaya meningkatkan etika dan disiplin profesi tenaga keperawatan,  Persatuan Perawat Nasional  Indonesia (PPNI) menggelar seminar Manajemen Perawat dan Psikologi Keluarga pada Pasien dengan Kecelakaan Kerja.

Seminar tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota Pagaralam, Muhammad Fadli SE, di Aula Hotel Dempo Flowers, jalan Laskar Wanita Mintarjo,  Komplek Perkantoran Gunung Gare,  Kamis (29/8/2019).

Menurut Wakil Walikota M Fadli mengatakan,  kegiatan ini sangat tepat dalam rangka meningkatkan etika dan disiplin profesi perawat dalam memahami maupun mengelola manajemen keperawatan terhadap psikologi keluarga pasien dengan kecelakaan kerja.

Mengingat hal itu dapat membuat profesi keperawatan semakin terlatih dalam mengelola peranannya hingga terwujudlah rasa kenyamanan pasien dalam mendapatkan perawatan. 

“Semoga saja melalui seminar ini profesi perawat semakin mampu mengelola pasien yang sedang menjalani pengobatan, mengingat keberadaan tenaga medis ini tentunya tidak bisa melihat dan merasakan langsung yang tengah dialami pasien karena penyakitnya bersifat subyektif,” terangnya seraya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar tanpa mengalami suatu kendala yang berarti. 

Sementara itu,  Kordinator Program Ners Nusantara Bukit Tinggi Sumatera Barat,  Ilit Puspita SKep,  Ners, Mkep mengatakan, bila pengelolaan sistem keperawatan tidak berjalan dengan baik tentunya penyakit yang diderita pasien belum bisa teratasi hingga berefek tidak baik mulai dari fisik maupun psikologisnya.

Untuk itu,  peranan perawat dalam memenejemen penyakit yang diderita pasien begitu urgen agar pasien merasa baik dan nyaman selama mendapatkan perawatan. 

“Penyakit yang tidak teratasi mengakibatkan efek buruk yang tidak diharapkan oleh pasien, baik itu secara fisik maupun psikologi. Sebab itu mari kita wujudkan peran asuhan keperawatan  dalam menajemen penyakit pasien guna mengurangi rasa sakit dan memberikan kenyamanan pasien selama menjalani perawatan,” ujarnya. 

Meski begitu lanjutnya,  sebagai pemberi pelayanan kesehatan terhadap pasien, tentunya harus sungguh-sungguh dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Begitu pula dengan rumah sakit sebagai sarana kesehatan yang memberikan  pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan  masyarakat. 

“Ya tenaga kesehatan  di rumah sakit mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada pasien sesuai dengan kebutuhan tanpa membedakan agama,  ras, kelas perawatan maupun status sosial. Sebab itu,  perawat sebagai tenaga profesional wajib memiliki kompetensi, salah satunya melalui pelatihan,” paparnya. 

Pantauan di lokasi,  seminar Manajemen Perawat dan Psikologi Keluarga pada Pasien dengan Kecelakaan Kerja berjalan baik dan lancar dengan dihadiri Wakil Walikota Muhammad Fadli SE,  Plt Kepala Dinas Kesehatan  Dra Desi Elviani,  Direktur RSD Besemah dr Dian Netha Inggriani,  Kepala BNN Andi K Wasol SSos, para pengurus DPS PPNI Kota Pagaralam,  IDI,  IBI, PPGI,  IAKMI,  Ikatan Apoteker dan undangan lainnya. 

Teks / Foto : Antoni Stefen





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com