Peringatan HUT ke-74 RI di Lahat Berlangsung Hikmat


Mari kita isi kemerdekaan ini dengan membangun Kabupaten Lahat dengan baik, agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, sesuai dengan visi misi kabupaten lahat yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Lahat yang berakhlak Mandiri berkeadilan makmur dan sejahtera..

LAHAT  I  KSOL — Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) berlangsung khidmad di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia, mulai dari berbagai Lomba, pawai serta acara kenegaraan.

Bupati Lahat, Cik Ujang pada saat menjadi inspektur upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Lahat. (Foto.Dok.Kominfo Kab. Lahat)

Dimulai dengan malam Apel Kehormatan Renungan suci, Bupati Lahat Cik Ujang berkesempatan menghadiri apel kehormatan renungan suci dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Taman Makam Pahlawan Puspa Bhakti Kelurahan Bandar Agung Lahat, Jum’at (16/8/2019).


Wakil Bupati Lahat H. Haryanto. SE MM MBA pada Peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Lahat (Foto. Dok.Kominfo Kab. Lahat)

Dalam apel tersebut, dilaksanakan Penghormatan kepada para arwah para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi memperjuangkan Kemerdekaan RI, dan dilanjutkan menyalakan api obor oleh Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap. SIK. MSi, pembina apel kehormatan renungan suci malam itu.

Detik Detik Proklamasi

Pada pelaksanaan upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Bupati Lahat, Cik Ujang sebagai inspektur upacara. Acara digelar di lapangan Seganti Setungguan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, Sabtu (17/8/2019).

Pejabat Pemkab Lahat, unsur muspida serta element masyarakat lainnya turut mengikuti upacara ini dengan khidmad. Setelah pelaksanaan upacara, beberapa hadiah dan tropi diberikan kepada pemenang lomba gapura terbaik.  

Penyerahan Remisi di Lapas Kelas IIA Lahat


RESEPSI — Diantara Rangkaian Peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Lahat juga dilakukan malam resepsi kenegaraan di Pendopoan Bupati Lahat (Foto. Dok.Kominfo Kab. Lahat)

Pada rangakain HUT ke-74 RI, Bupati Lahat, Cik Ujang didampingi Wakil Bupati Lahat H. Haryanto.SE MM MBA beserta Unsur Forkompimda Kabupaten Lahat, Sekda Lahat Januarsyah.SH MM, menghadiri pemberian Remisi di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Lahat, Sabtu (17/8/2019).

Pada acara itu, Cik Ujang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI untuk Narapidana dan Anak. 

Renungan Suci juga digelar dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 RI di Kabupaten Lahat (Foto.Dok.Kominfo Kab.Lahat)

Menurut Cik Ujang, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan titik atau tahapan tertinggi dari sejarah perjuangan bangsa indonesia, proklamasi kemerdekaan merupakan sebuah peryataan bahwa bangsa indonesia telah berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

Indonesia telah berdaulat penuh. Indonesia telah bebas dari penjajahan dan sudah meraih kemerdekaan. Indonesia sudah menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perjuangam meraih kemerdekaan sampai pada titik puncak merupakan berkat dan rahmat Allah yang Maha Kuasa.

Penurunan Bendera Merah Putih

Rangkaian lain dalam HUT ke-74 RI juga dilakukan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Lapangan seganti setungguan Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, Sabtu (17/8). Sebagai inspektur upacara, Haryanto, Wakil Bupati Lahat.

Pada acara itu hadir Sekda Lahat, Januarsyah Hambali beserta seluruh unsur Forkompimda Kabupaten Lahat bersama Legium Veteran, TNI, Polri dan ASN di lingkungan Pemkab Kahat. Upacara berlangsung lancar dan Khidmad.

Peringatan HUT ke-74 RI dilanjutkan malam resepsi kenegaraan yang berlangsung khidmad di pendopoan Bupati Lahat. Dalam kata sambutannya, Bupati Lahat, Cik Ujang menyampaikan, setiap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke 74  RI tahun 2019. Hal ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kemerdekaan RI.

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan membangun Kabupaten Lahat dengan baik, agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, sesuai dengan visi misi kabupaten lahat yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Lahat yang berakhlak Mandiri berkeadilan makmur dan sejahtera,” kata Cik Ujang.

Lebih lanjut, Cik Ujang mengatakan agar terselenggaranya pembangunan yang berbasis pemerataan berkelanjutan pemerintah lahat telah dan akan melaksanakan program-program di berbagai bidang terutama bidang pendidikan dan program sektor lainnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lahat.


Rapat Paripurna XIV Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2019 dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI pada Perayaan HUT ke-74 RI tahun 2019 di Ruang sidang utama DPRD Lahat, Jum’at (16/8/2019). (Foto.Dok.Kominfo Kab. Lahat)

Sebelumnya Bupati Lahat Cik Ujang.SH bersama Wakil Bupati Lahat H. Haryanto. SE MM MBA menghadiri Rapat Paripurna XIV Masa Persidangan Ketiga Tahun Sidang 2019 dalam rangka mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Perayaan HUT ke-74 RI Tahun 2019 di Ruang sidang utama DPRD Lahat, Jum’at (16/8/2019).

Hadir dalam rapat paripurna ini seluruh Unsur Forkompimda Kabupaten Lahat, Dandim 0405 Lahat, Kapolres Lahat, Kajari Lahat, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Wakil Ketua I DPRD dan Wakil Ketua II DPRD, Sekda Lahat Januarsyah.SH MM, Subden Pom, Para Anggota Dewan, Ketua TP PKK Lidyawati Cik Ujang,Ketua GOW Hj. Sumiati Haryanto, Ketua DWP, Ketua Persatuan Istri Anggota Dewan, Ketua Persit Chandra Kirana, Ketua Bhayangkari, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Legiun Vetran, Assisten, Staf Ahli, Jajaran OPD, Kabag, Camat, Lurah dan Pimpinan BUMN dilingkungan Pemkab Lahat. (adv/pinasti)




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com