Mobil Ambulan Bermerk LC Bantuan UNFPA untuk RSUD Lahat Rusak Parah. Diduga Mesin Tidak Asli Lagi


Mobil Ambulan ini sempat menghialng dalam beberapa waltu. Namun, setelah kembali, mobil tak dapat dioperasikan lagi. Kondisi mesin mobil sudah banyak diganti diduga mesin mobil Toyota LC Built Up asal Eropa ini sudah tidak asli lagi.

LAHAT I KSOL – Mobil ambulan Toyota Land Cruiser bantuan dari United Nations Population Found (UNFPA) Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk RSUD Lahat di tahun 2014 kini menjadi barang rongsokan dengan kondisi mesin rusak parah.

Lebih 3 tahun mobil ambulan ini terparkir di garasi RSUD Lahat yang baru saja turun Akreditasi kelas. Belum diketahui pasti penyebab rusaknya mobil ambulan ini.

Namun menurut keterangan dari beberapa warga Lahat, Mobil Ambulan ini pernah menghilang dari RSUD Lahat dan kembali dalam keadaan rusak parah.


SEMPAT HILANG — Mobil Toyota Land Cruiser jenis ambulance dengan nopol B 2302 EX pembuatan 2002 masa berlaku 15/05/2002 sampai dengan 14/05/2005  sempat menghilang dari RSUD Lahat (Foto.Dok.KSOL/Pinasti)

Rusaknya mobil ambulan ini diakui kabag RSUD Lahat, Hermansyah, mahalnya biaya perbaikan menjadi kendala yang menyebabkan mobil ambulan ini menjadi besi tua di garasi RSUD Lahat, Kamis (15/8).

“Ini sudah pernah diusulkan ke pusat untuk dihapuskan, namun pihak dari pusat tidak menerima untuk dihapuskan, dan ini masih milik aset negara hingga sekarang belum bisa untuk dilelang,” kata Hermansyah.

Mobil Toyota Land Cruiser jenis ambulance dengan nopol B 2302 EX pembuatan 2002 masa berlaku 15/05/2002 sampai dengan 14/05/2005  sempat menghilang dari RSUD Lahat.

MIRIP RONGSOKAN — Mobil Amblan Toyota Land Cruiser jenis ambulance dengan nopol B 2302 EX pembuatan 2002 yang ada di garasi RSUD Lahat mirip rongsokan (terlihat mesin dari bagian bawah) sudha banyak yang berkarat. (Foto.Dok.KSOL/Pinasti)

Namun, setelah mobil Ambulan ini kembali, mobil tak dapat dioperasikan lagi. Kondisi mesin mobil sudah banyak diganti diduga mesin mobil Toyota LC Built Up asal Eropa ini sudah tidak asli lagi.

Toyota Land Cuiser long body built up buatan Eropa tahun 2002 ini, di Sumatera Selatan hanya ada 3 unit yaitu di Kabupaten Muba, Muara Enim dan Lahat. Mobil Ambulan ini diperuntukan khusus untuk menjemput ibu-ibu yang akan bersalin dari pelosok desa dengan kondisi jalan tidak bagus.

Agus, warga Kabupaten Lahat sangat menyayangkan kondisi mobil ambulan RSUD Lahat yang sudah tidak bisa beroperasi lagi karena tidak dirawat.  

“Seharusnya ada pihak yang bertanggungjawab atas rusaknya mobil ambulan ini, dan dicari tahu penyebab kerusakan mobil ambulan ini,” kata Agus.

Belum diketahui pasti penyebab rusaknya mobil ambulan ini. Sementara Direktur RSUD Lahat tidak bersedia memberikan keterangan saat dikonfirmasi awak media.

TEKS / FOTO : PINASTI S ZUHRI 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com